Image

Besok, Giliran PPP dan Perindo Disambangi KPK Bahas Politik Berintegritas

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis, 14 September 2017 - 13:35 WIB
Juru Bicara KPK Febri Diansyah (Foto: Okezone) Juru Bicara KPK Febri Diansyah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tim Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana mengunjungi Kantor DPP Perindo, di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada Jumat 14 September 2017.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menjelaskan, rencana kunjungan KPK ke dua kantor partai politik tersebut akan diisi dengan ser‎angkaian diskusi terkait politik integritas menjelang Pilpres 2019.

"Direncanakan ‎besok Jumat, 15 September 2017, tim akan mendatangi PPP pukul 09.00 WIB dan Perindo pukul 14.00 WIB," kata Febri dalam pesan singkatnya, Kamis (14/9/2017).

‎Sebelumnya, KPK juga telah melakukan diskusi terkait politik berintegritas kepada enam parpol lainnya. Enam parpol yang telah disambangi KPK tersebut yakni, PDIP, Gerindra, PKB, Hanura, Demokrat, dan Nasdem.

Hari ini, KPK juga ternyata melakukan kunjungan ke Kantor DPP PAN. Serangkaian kunjungan tim pencegahan KPK ke kantor partai-partai tersebut merupakan lanjutan dari kajian KPK sejak 2012.

"Ini juga merupakan rangkaian lanjutan dari surat KPK kepada presiden yang menyampaikan hasil kajian KPK terkait‎ pendanaan, kode etik, rekrutmen, dan kaderisasi parpol," imbuh Febri.

Dalam diskusi tersebut, kata Febri, pendanaan partai politik merupakan salah satu poin pembahasan ‎yang menjadi fokus untuk dibicarakan terkait pencegahan di sektor perpolitikan.

"Dan tentu juga perlu diikuti dengan pengelolaan yang akuntabel karena uang yang digunakan adalah keuangan negara," jelasnya.

Lembaga pimpinan Agus Rahardjo Cs pun mengapresiasi terhadap keterbukaan partai-partai untuk mendukung program pencegahan ini.

"Karena baik KPK dan parpol tentu berangkat dari kesadaran bersama bahwa peran partai dalam demokrasi adalah keniscayaan untuk menjaga integritas dan akuntabilitas," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming