Image

BNN Musnahkan 39,96 Kg Sabu Jaringan Internasional Malaysia-Aceh

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis, 14 September 2017 - 16:06 WIB
foto: Illustrasi Okezone foto: Illustrasi Okezone
 

JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan barang bukti narkoba dengan jenis sabu seberat 39,96 Kilogram (Kg). Barang haram tersebut merupakan jaringan Internasional dari Malaysia-Aceh. Dari hasil penangkapan itu diamankan lima orang berinisial, M (51), Z (40), TM (28), SY (39), dan MD (58).

Kepala BNN Komjen Budi Waseso mengatakan, dalam penangkapan awal berat barang bukti itu sebesar 40 Kg. Namun, pihaknya menyisihkan memisahkan 40 gram untuk kepentingan uji laboratorium.

"Untuk kesekian kalinya kita lakukan pemusnahan barang bukti narkoba dari BNN. Kita selalu hasil sitaan kita musnahkan, jadi jangan khawatir kalau ada yang kita kurangin karena ada prosedur yang tetap jadi enggak ada barang yang ditukar," kata pria yang akrab disapa Buwas, di kantor BNN Cawang, Jakarta Timur, Kamis (14/9/2017)

Jenderal bintang tiga itu mengungkapkan, awal mula kasus itu terungkap dari penangkapan M dan Z pada 18 Agustus 2017 di Jalan Lintas Medan, Banda Aceh saat membawa sabu yang terpisah dalam 40 kantong. Dengan berat masing-masing bungkusan seberat satu kilogram.

"Kali ini jaringan Malaysia-Aceh kita ungkap. ini masuknya narkotika yang besar ke Indonesia disuplay dari Malaysia. Nah ini jaringan itu bekerja memanfaatkan dari warga kita yang mau merusak bangsanya, generasinya contohnya ke lima orang ini karena mereka dengan tenang memasukan ini dan tau dampaknya," ujar Buwas.

Sekadar informasi, pemusnahan menggunakan mesin bernama Incenerator yang biasa digunakan untuk membakar limbah medis jika di rumah sakit dan untuk membakar narkotika jika digunakan BNN.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming