Image

Koalisi dengan PDIP, PKB Tunggu Nama Calon Pendamping Gus Ipul di Pilgub Jatim

Nurul Arifin, Jurnalis · Kamis, 14 September 2017 - 07:15 WIB
Cak Imin. (foto: Antara) Cak Imin. (foto: Antara)

SURABAYA – Jelang Pilgub Jatim 2018, Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menunjukkan sinyalemen bahwa partainya akan berkoalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Bahkan, ia percaya kedua partai itu tak akan mempermasalahkan dukungan kepada Saifullah Yusuf sebagai calon gubernur Jawa Timur (Jatim).

Sedangkan untuk calon pendamping Gus Ipul, sosok yang akrab disapa Cak Imin itu menyerahkan kepada PDIP dan partai lainnya yang siap bergabung bersama PKB.

Terlebih saat inibermunculan sejumlah nama yang disandingkan dengan Gus Ipul. Di antaranya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Ngawi Budi Sulistiyono, Ketua DPD PDIP Jawa Timur Kusnadi.

”Itu (nama cawagub) urusan PDIP bersama partai koalisi. Saya tidak berhak mengomentari itu,” katanya usai menghadiri Diskusi Ilmiah Rabuan di Universitas Airlangga (Unair) kampus B Surabaya, Rabu 13 September 2017.

Sementara koalisi PKB-PDIP di Pigub Jatim, Cak Imin menyebut sudah pasti. Oleh karena itu, pihaknya masih menunggu nama yang diajukan oleh parati yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri untuk menjadi Cawagub Jatim mendampingi Gus Ipul.

[Baca Juga: PKB Percayakan PDIP Pilih Pendamping Gus Ipul di Pilgub Jatim]

“Koalisi PKB dengan PDIP di Pilgub Jatim itu sudah pasti. Cawagub, biar PDIP yang memutuskan. Nanti siapa pun yang dipilih, kami akan siap menerima," ujar politisi asal Jombang ini.

[Baca Juga: Akhir Bulan Ini, Nama Pendamping Saifullah Yusuf untuk Pilgub Jatim Akan Diumumkan]

Meski sudah pasti berkoalisi dengan PDIP, Cak Imin juga intens menjalin komunikasi dengan partai politik lainnya. Bahkan, ia tak menutup pintu bagi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golongan Karya (Golkar) untuk bergabung. Ia menilai, semakin banyak partai pengusung tentunya kekuatan pasangan calon akan semakin solid.

"Rencananya, akhir September ini nama cawagub akan segera keluar. Kita tunggu saja,” tandasnya. (sym)

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming