nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kekeringan di Jawa Timur Meluas, 169 Desa Krisis Air Bersih

Yudhistira Dwi Putra, Jurnalis · Sabtu 16 September 2017 08:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 15 340 1776910 kekeringan-di-jawa-timur-meluas-169-desa-krisis-air-bersih-x6rXC66rxG.jpg

TULUNGAGUNG - Bencana kekeringan di Jawa Timur makin luas. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur mencatat, sebanyak 169 desa dinyatakan mengalami krisis air bersih sepanjang kemarau.

"Jumlah itu berdasar laporan yang kami terima dari jajaran BPBD kabupaten/kota se-Jatim," kata Kepala BPBD Jatim Sudarmawan sebagaimana dilansir antaranews, Jumat (15/9/2017).

Menurut Sudarmawan, dampak kekeringan diprediksi akan meluas jika merujuk pada pemetaan daerah serta data bencana pada tahun-tahun sebelumnya dimana dampak kekeringan melanda 422 desa. Untuk mengantisipasi hal tersebut, BPBD Jawa Timur terus bersinergi dengan BPBD tingkat kabupaten/kota.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, sudah mengantisipasi bencana kekeringan di di daerah-daerah dengan memberikan subdidi untuk penyediaan air bersih bagi desa-desa terdampak," katanya.

Lebih lanjut, Sudarmawan menjelaskan, BPBD Jawa Timur bersama BPBD kabupaten/kota terus mempersiapkan rencana penanggulangan jangka menengah dan panjang.

Salah satu upaya yang dilakukan, dijelaskan Sudarmawan adalah dengan mengembangkan pembangunan sumur bor, embung membran maupun embung konvensional di daerah yang rawan mengalami kekeringan. (ydp)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini