nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow! Kesehatannya Terjaga, Nenek Panda di China Rayakan Ultah ke-35

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 17 September 2017 09:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 17 18 1777536 wow-kesehatannya-terjaga-nenek-panda-di-china-rayakan-ultah-ke-35-X4yLJTReOz.jpg Xinxing merayakan ulang tahun ke-35 di Chongqing, China (Foto: Tang Yi/Xinhua)

CHONGQING – Kebun Binatang Chongqing merayakan ulang tahun (ultah) ke-35 seekor panda betina bernama Xinxing. Hewan mamalia kelahiran 1982 itu mendapat julukan sebagai ‘nenek panda’. Julukan diberikan karena Xinxing kini merupakan salah satu panda tertua di seluruh dunia.

Tidak hanya itu, Xinxing diketahui memiliki keturunan hingga 90 ekor panda. Anak-anak dan cucu-cucunya kini tersebar luas ke lebih dari 20 negara, termasuk Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Jepang. Xinxing berulang tahun ke-35 yang jika dihitung ke umur manusia, sama dengan 100 tahun.

Diwartakan Xinhua, Minggu (17/9/2017), Xinxing diberi sejumlah batang bamboo dan apel di kandangnya sebagai hadiah ulang tahun. Lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ mengiringi Xinxing yang asyik mengunyah makanan tersebut di Chongqing, China.

Pihak kebun binatang juga memutar video keturunan Xinxing yang terdapat di kebun binatang di Hong Kong, Toronto, dan Memphis. Dengan sedikit suntingan, para keturunan itu mengucapkan selamat ulang tahun bagi sang nenek dalam video tersebut.

Tentu saja Xinxing tidak tinggal sendirian di Chongqing. Ia hidup bersama seekor putranya, lima ekor cucu berjenis kelamin betina, dan dua ekor cicit.

Xinxing dibawa ke kebun binatang tersebut saat berusia satu tahun. Ia pertama kali melahirkan anak pada 1992. Xinxing bahkan memecahkan rekor sebagai panda tertua yang pernah mengandung pada 2002, di mana ia melahirkan dua ekor panda kembar di usia 20 tahun.

Pawang Xinxing, Yin Yanqiang menuturkan, meski sudah berusia 35 tahun, si nenek panda masih tetap segar bugar. Bahkan ia tidak mengalami masalah penuaan yang serius. Yin mengatakan, Xinxing memiliki berat 94 kilogram (kg) dan rata-rata memakan 15 kg batang bamboo serta 1 kg daun bamboo serta buah-buahan sebanyak tiga kali sehari.

Demi menjaga kesehatannya, pihak kebun binatang secara khusus menyediakan air minum murni bagi Xinxing. Ia juga menjalani pemeriksaan kesehatan rutin setiap bulan. Semua itu dilakukan untuk menolong Xinxing agar bisa menikmati masa tuanya.

BACA JUGA: Sedih! Panda Tertua di Dunia Tutup Usia 

Di alam bebas, seekor panda biasanya hidup hingga usia 15-20 tahun. Panda-panda yang biasa hidup di penangkaran dapat bertahan hingga usia sekira 30 tahun, atau setara 90 tahun untuk manusia. Salah satunya adalah Basi, panda tertua yang belum lama ini meninggal dunia. Ia wafat pada usia 37 tahun.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini