nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sepasang Bunga Bangkai Langka Mekar di Riau, Diklaim sebagai yang Tertinggi di Dunia

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Senin 18 September 2017 12:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 18 340 1778064 sepasang-bunga-bangkai-langka-mekar-di-riau-diklaim-sebagai-yang-tertinggi-di-dunia-jykb6Wh3R3.jpg Bunga bangkai tumbuh di Cagar Alam Bukit Bungkuk, Kampar, Riau (Istimewa/Okezone)

PEKANBARU - Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) bersama masyarakat menemukan sepasang bunga bangkai jenis amorphopallus gigas di kawasan Cagar Alam Bukit Bungkuk, Kabupaten Kampar, Riau. Bunga bangkai setinggi hampir 4 meter itu diklaim sebagai yang tertinggi di dunia.

Sepasang bunga itu mekar berdekatan di antara semak belukar di tepian Sungai Singalan Kiri dan tingginya sedikit berbeda. Satu tingginya 3,97 meter, di sebelahnya 3,30 meter. Saat ditemukan kondisinya lagi tidak mekar.

Ketinggian bunga bangkai ditemukan di Cagar Alam Bukit Bungkuk itu mengalahkan penemuan bunga bangkai di Kebun Raya Cibodas (KRC) Bandung yang memiliki tinggi 3,73 meter pada 2016 dan sempat diklaim sebagai yang tertinggi dunia kala itu.

Kepala BBKSDA Riau, Mahfud mengatakan, bunga bangkai jenis amorphopallus gigas merupakan tumbuhan sangat langka di Pulau Sumatera. Untuk itu harus dijaga bersama. "Bunga itu sangat langka, jadi harus kita lestarikan. Bunga bangkai ini mekar dalam rentang waktu dua bulan," katanya, Senin (18/9/2017).

Untuk melestarikan dan menjaga bunga bangkai itu, BBKSDA mengajak tokoh masyarakat di Kampar untuk melihat langung. Terlebih saat ini kawasan Cagar Alam Bukit Bungkuk sedang marak perambahan (illegal logging). "Jangan sampai bunga bangkai ini dijarah ataupun dirusak," pintanya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini