nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rayakan HUT, 4 Negara Nordik Buka Rahasia Ciptakan Kemapanan Warganya

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 20 September 2017 11:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 20 18 1779513 rayakan-hut-negara-nordic-buka-rahasia-ciptakan-kemapanan-warganya-oL2KGmvyf8.jpg Dubes Finlandia, Denmark, Swedia dan Norwegia dalam perayaan Nordic Way 2017 yang juga dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, GKR Hemas, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, di Shangri-La, Jakarta, Rabu 20 Septemb

JAKARTA - Kedutaan besar negara-negara Nordik di Indonesia kembali membuat acara untuk merayakan hari nasional mereka. Perayaan yang diadakan di Jakarta pada Rabu (20/9/2017) ini merupakan yang ketiga kalinya digelar.

Dengan mengangkat tema 'Ekonomi Nordic yang Mendorong Masyarakat Mempromosikan Perubahan, Inovasi, dan Ketekunan', para duta besar dari Swedia, Denmark, Finlandia, dan Norwegia berharap dapat terus berkontribusi untuk memajukan perekonomian di seluruh dunia.

Menurut Duta Besar Finladia, Paivi Hiltunen-Toivio, menerapkan ekonomi melingkar seperti yang dilakukan negaranya, dapat menjadi solusi. Pasalnya, hal itu berhasil dilakukan di Finlandia.

"Salah satu ciri umum di ekonomi Finlandia adalah mengubah masyarakat kita menjadi ekonomi melingkar, di mana negara-negara Nordik menjadi kandidat utama. Dunia membutuhkan solusi perintis untuk memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi dan peningkatan well-being tidak lagi didasarkan pada penggunaan sumber daya alam yang sia-sia," ujar Paivi Hiltunen-Toivio di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Rabu (20/9/2017).

"Dalam beberapa pertemuan, dialog, dan kerjasama antara berbagai sektor dan partai di masyarakat baik dalam bidang bisnis, politik, dan organisasi, mereka bersama-sama sepakat menciptakan solusi ekonomi melingkar," lanjutnya.

 

Perayaan Nordic Way di Shangri-La, Jakarta, Rabu 20 September 2017, turut dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, GKR Hemas, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. (Foto: Djanti Virantika/Okezone)

Sepaham dengan Dubes Finlandia, menurut Duta Besar Norwegia, Vegard Kaale, dunia bisa mencontoh sistem perekonomian Nordik. Mereka telah terbukti berhasil dengan menggabungkan perekonomian dengan teknologi yang tinggi.

"Dalam ekonomi dunia yang berubah dengan cepat, negara-negara Nordik telah menunjukkan jalan ke masa depan untuk menggabungkan ekonomi, keberlanjutan, dan peningkatan teknologi yang tinggi. Di sini kita telah memastikan kesetaraan ekonomi yang lebih tinggi. Norwegia telah menjadi ekonomi terbuka. Industri kami paling maju dan tetap kompetitif," ujar Dubes Norwegia.

Menurut Duta Besar Denmark, Rasmus Abildgaars, untuk memajukan perekonomian negara, peran pemerintah juga menjadi hal yang sangat penting. Dengan menggandeng masyarakat sipil dan tokoh politik, 27 juta penduduk Nordik dapat hidup sejahtera.

"Di negara-negara Nordik, kita bangga dengan tingkat transparansi yang tinggi dan keterbukaan sistem politik kita. Hal ini menjadi cara Nordik mensyaratkan sinergi dan dialog antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat sipil, yang memungkinkan ekonomi terbuka dan inovatif untuk menumbuhkan solusi kesejahteraan dan berkelanjutan sesuai dengan tantangan global, seperti keamanan energi dan perlindungan lingkungan," tutur Rasmus Abildgaars.

Salah satu kunci untuk membentuk perekonomian yang baik, menurut Dubes Swedia, Johanna Brismar Skoog, adalah pendidikan. Skoog mengatakan, kegagalan yang dapat terjadi dengan mudah teratasi jika memiliki modal tersebut.

"Ekonomi Nordik telah bertahan dalam ujian waktu dan telah mampu mengulanginya berkali-kali. Pendidikan yang baik, dikombinasikan dengan mengetahui bahwa jika gagal, Anda tetap memiliki jaring pengaman sosial untuk diandalkan. Oleh karena itu, saya percaya bahwa kita melihat begitu banyak inovasi baru dan titik sukses di seluruh ekonomi Nordik," jelas Johanna Brismar Skoog.

Perayaan Nordic Way di Shangri-La, Jakarta, Rabu 20 September 2017, turut dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, GKR Hemas dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. (Foto: Djanti Virantika/Okezone)

Perekonomian negara-negara Nordik memang dapat dicontoh masyarakat dari seluruh dunia. Pasalnya, dengan minimnya sumber daya manusia, mereka dapat menjadi kelompok yang besar.

Ekonomi negara-negara di Nordik sendiri merupakan yang terbesar ke-12 di dunia. Bahkan, dalam indeks inovasi Bloomberg 2017, Denmark, Finlandia, Norwegia, dan Swedia masuk ke-15 negara paling inovatif di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini