nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi: Guru PAUD Itu Sangat Istimewa

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 20 September 2017 16:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 20 65 1779729 presiden-jokowi-guru-paud-itu-sangat-istimewa-Xby8k3KZU7.jpg Foto: Antara

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini ‎(PAUD) begitu sangat istimewa dalam mendidik karakter generasi muda penerus bangsa. Sebab, kunci pembangunan karakter saat anak berusia emas pada usia 1-12 tahun.

‎"Guru PAUD begitu sangat istimewa. Ibu dan bapak-bapak guru PAUD kenapa saya katakan istimewa kalau anak-anak kita didik oleh guru-guru seperti kalian, saya percaya Indonesia emas pada 2045 akan betul-betul terlaksana. Karena kunci pembangunan karakter itu berada diusia emas 1 sampai 12 tahun," kata Jokowi saat menutup Pelatihan Akbar Guru PAUD Se-Provinsi DKI Jakarta di Islamic Center, Jakarta Pusat, Rabu (20/9/2017).

Menurut Presiden, peran guru PAUD berada pada posisi sangat penting dalam menentukan masa depan generasi bangsa. Pasalnya, kecerdasan memerlukan keseimbangan dengan budi pekerti dan karakter yang baik untuk menuju Indonesia Emas 2045.

"‎Inilah proses pembangunan mental, proses pendidikan karakter, dimana titik lemah kita ini, karena kita tahu yang korupsi itu juga pendidikannya dari TK, SD, SMP, SMA sampai universitas semua ikut. Kenapa masih melakukan itu? Karena pendidikan karakter itu belum dipikirkan," ujarnya.

‎Kepada guru-guru PAUD tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut pemerintah telah menerbitkan Perpres 87 Tahun 2017 tentang Pendidikan Karakter pada Rabu 6 September 2017.

"‎Dan dua Minggu lalu, ada Perpres Pedidikan Karakter menjadi payung hukum untuk mengalokasikan dana bagi guru-guru PAUD," ucap Jokowi disambut tepuk tangan para PAUD yang telah mengikuti pelatihan selama tiga hari itu.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini