Wuih! India akan Bangun Hanggar Jet Tempur Dekat Perbatasan dengan China

Agregasi Sindonews.com, · Sabtu 23 September 2017 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 23 18 1781697 wuih-india-akan-bangun-hanggar-jet-tempur-dekat-perbatasan-dengan-china-XGLgknXLem.jpg Ilustrasi pesawat jet India (Foto: Youtube)

NEW DELHI – India dan China tengah terlibat perlombaan peningkatan persenjataan. New Delhi baru saja menyetujui rencana pembangunan hanggar yang tahan dihantam bom di dekat perbatasan dengan China.

Rencana India untuk memperkuat pertahanannya ini terjadi ditengah kekhawatiran bakal pecah perang dengan Negeri Tirai Bambu itu. Usulan tersebut, yang semula dijadwalkan pada 2015, sangat didukung oleh kantor Perdana Menteri setelah terjadi ketegangan dengan China di perbatasan baru-baru ini.

Kementerian Pertahanan India akan menghabiskan sekitar USD750 miliar untuk membangun hanggar di lapangan terbang timur dan timur laut yang berbatasan dengan China. Hangar ini dirancang untuk menahan rudal dan bom hingga 2.000 pound

Pada 2016, sebuah panel parlemen untuk pertahanan mengangkat kekhawatiran tentang kurangnya tempat penampungan yang kuat untuk pesawat garis depan.

"IAF sudah kekurangan pesawat, dan lebih buruk dari pada itu tempat penampungan yang kuat tidak tersedia bahkan untuk jumlah pesawat yang tersedia," kata tim panel tersebut, seperti dikutip dari Daily Express, Sabtu (23/9/2017).

"Komite menginginkan agar tidak terjadi penundaan dalam pelaksanaan, karena penundaan tersebut telah menjadi ciri umum semua proyek," imbuh pernyataan tim panel.

Hanggar pesawat yang diusulkan akan berada di Leh, Ladakh dan negara-negara bagian timur laut, yang mencakup lahan pendaratan yang baru dibangun bersamaan dengan perbatasan India-China.

Angkatan Udara India telah membangun area penyimpanan senjata baru dan laboratorium dalam jumlah besar. India telah membangun 16 hanggar untuk pesawat Su-30 antara tahun 2004 dan 2007 yang mampu menahan bahan peledak 1.000 pon.

Ketegangan antara India dan China meninggi pada musim panas ini di atas perbatasan bersama mereka. Dari bulan Juni - Agustus, angkatan bersenjata dari kedua negara dikunci dalam sebuah siap siaga di sepanjang perbatasan, yang dikenal sebagai Donglang di China dan Doklam di India.

Kedua negara memiliki senjata nuklir dan jika ketegangan meningkat, hal itu bisa menimbulkan konsekuensi yang menghancurkan.

"Kedua belah pihak akan merasakan banyak kehilangan, secara ekonomi," ujar analis Eurasia Group Asia, Shailesh Kumar.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini