Image

Soal Densus Tipikor, Komisi III DPR Jamin Tidak Ada Tumpang Tindih Kewenangan

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 23 September 2017, 15:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 23 337 1781581 wacana-densus-tipikor-komisi-iii-dpr-jamin-tidak-akan-tumpang-tindih-kewenangan-T6I1xHmu6U.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Polri berencana akan membuat Dentasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) untuk membantu menangani kasus rasuah di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu mengatakan, ide pembentukan Densus Tipikor tersebut merupakan sebuah upaya yang sangat baik untuk memerangi berbagai kasus korupsi.

"Ya itu bagus dong dalam upaya memerangi korupsi," kata Masinton di Warung Daun, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/9/2017).

Dia juga menjamin, lembaga Densus Tipikor yang terbentuk tidak akan tumpang tindih dengan lembaga yang sama-sama menangani pencegahan korupsi.

"Enggak ada, malah bagus. Kan kalau polisi punya infrastruktur sampai ke daerah. Ada Polda dan Polresnya nanti bisa dibentuk juga satuan Resersenya di sana bisa digunakan untuk menangani pidana khusus seperti korupsi, jadi bagus," ujar Masinton.

Masinton juga menilai, bila nanti terbentuk, kewenangan Densus Tipikor sama seperti ketika KPK di awal, yakni mendayagunakan Kepolisian dan Kejaksaan. "Kan sama kaya awal KPK dibentuk ini maksudnya, di mana Kepolisian dan Kejaksaan bisa berdayaguna kan begitu perintah UUD KPK," tutur Masinton.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini