Image

Pemutaran Film G30S/PKI, Menag: Film Itu Tidak Bertentangan dengan Fakta Sejarah, tapi...

Prabowo, Jurnalis · Minggu 24 September 2017, 03:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 24 337 1781846 pemutaran-film-g30s-pki-menag-film-itu-tidak-bertentangan-dengan-fakta-sejarah-tapi-rONH9Z4k6J.jpg Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto Okezone/Prabowo

YOGYAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin melihat pro kontra yang terjadi di pblik terkait pemutaran film G30S/PKI itu berasal dari sudut pandang, wawasan, dan pemahaman yang berbeda. Oleh karenanya ia mengajak berbagai pihak untuk melihat masa depan.

"Sudah saatnya kita melihat masa depan dan membangun negara dengan sudut pandang baru demi mensejahterakan masyarakat," katanya usai menjadi pembicara dalam sarasehan 'Penanggulangan Radikalisme dan Intoleransi Melalui Bahasa Agama' di Hotel Eastpark, Yogyakarta, kemarin.

"Film itu sama sekali tidak bertentangan dengan fakta sejarah yang sudah terjadi. Tapi, kondisi dan situasi saat ini, muncul beragam penafsiran fakta sejarah," katanya.

Baca Juga: Kapolri: Semua Pihak Harus Menahan Diri dan Jangan Angkat Isu Sensitif

Saat ditanya revisi atau membuatan film baru, Menag tidak mempermasalahkannya. Masyarakat bisa menampilkan fakta-fakta baru dalam sejarah yang harus diuji kebenarannya.

Dalam kesempatan ini, ia mengajak untuk kembali pada esensi pengajaran agama. Agama apapun yang dianut untuk saling menjaga dan memelihara harkat dan martabat manusia di muka bumi.

"Kerendahan hati diajarkan dalam agama, prinsip kebenaran hakiki juga dipegang umat beragama. Mari saling menjaga satu sama lain, jangan sampai dipertengakan," katanya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini