nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penanganan Kekeringan di Temanggung Terkendala Dana, Hanya Cukup untuk Penyaluran 15 Tangki Air Bersih

Agregasi Antara, Jurnalis · Kamis 28 September 2017 07:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 27 340 1784211 penanganan-kekeringan-di-temanggung-terkendala-dana-hanya-cukup-untuk-penyaluran-15-tangki-air-bersih-9QGSpDo7fH.jpg

TEMANGGUNG - Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah mengalami kesulitan dana dalam pendistribusian air bersih ke sejumlah daerah yang dilanda kekeringan.

Kepala Seksi Penanganan Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi di Temanggung, Rabu (27/9/2017) mengatakan, pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran untuk penyaluran 350 tangki air bersih sepanjang kemarau 2017.

Ia mengatakan penyaluran bantuan air bersih sudah dimulai sejak 11 Agustus 2017 untuk puluhan dusun di 10 desa yang tersebar di enam kecamatan yang mengalami kekeringan.

"Sampai hari ini, dana tinggal cukup untuk penyaluran air bersih sebanyak 15 tangki, jadi hanya cukup untuk distribusi bantuan satu hingga dua hari saja," katanya.

Ia mengatakan karena dana semakin menipis, sedangkan kekeringan masih meluas, maka sejak dua pekan lalu pihaknya telah menggandeng kelompok masyarakat maupun perusahaan melalui dana corporate social responsibility (CSR) untuk membantu dana penyaluran air bersih di daerah kekeringan.

"Hal ini kami lakukan untuk menghemat anggaran droping dari APBD," katanya.

Ia menyebutkan kelompok masyarakat dan CSR yang sudah membantu droping air bersih, antara lain dari Masjid Tawangsari, Satpam GTS Temanggung, UPK Kandangan, Paguyuban Perantau Temanggung, dan KSP Syariah.

"Hingga saat ini belum ada surat dan informasi dari BMKG terkait musim kemarau ini akan berakhir hingga kapan. Jika kemarau masih panjang dan dana sudah habis, kami akan meminta bantuan dari pihak perbankan," katanya.

Menutur dia, pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan BPBD Provinsi dan BNPB untuk meminta tambahan dana distribusi air bersih. Bantuan dari provinsi, masih dalam proses.

(ydp)⁠⁠⁠⁠

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini