nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Masalah dan Galau? Mobil "Kekasih" Siap Tampung Keluh Kesah Warga Kota Bandung

Oris Riswan, Jurnalis · Kamis 28 September 2017 12:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 28 525 1784636 punya-masalah-dan-galau-mobil-kekasih-siap-tampung-keluh-kesah-warga-kota-bandung-v8araKxXdA.jpg (Foto: Oris Riswan/Okezone)

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan Mobil Kekasih (Kendaraan Konseling Silih Asih) Juara di kawasan Ir Djuanda (Dago), Kota Bandung, Kamis (28/9/2017). Mobil itu menjadi tempat curhat warga Kota Bandung yang memiliki berbagai permasalahan, mulai dari percintaan, keluarga, kesehatan, hingga permasalahan psikologi.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, kendaraan itu adalah akan ditempatkan secara mobile di beberapa titik di Kota Bandung. Pelayanan konseling pun gratis.

"Kalau butuh bercerita karena ada problem psikologis, cemas, galau, dan lain sebagainya, sekarang hadir (sarana untuk konsultasi) dengan cuma-cuma dan mudah," kata Emil, sapaan akrabnya.

Dengan adanya mobil itu, ia berharap warga Kota Bandung yang memiliki permasalahan bisa keluar dari masalahnya. Harapan besarnya, ia ingin agar warga Bandung bahagia.

"Jadi kita harapkan mereka yang di titik nadir, punya keputusasaan, bisa datang ke Kekasih," ucapnya.

Soal target yang akan berkonsultasi, ia menyebut sebagian besar bakal didominasi kaum muda yakni mencapai 60 persen. Tapi, orangtua dan anak-anak juga bisa menggunakan layanan konseling tersebut.

Bahkan, bukan hanya urusan kesehatan, pihaknya juga menghadirkan orang-orang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam layanan itu. Mereka akan melengkapi psikolog dan petugas kesehatan yang ada di lokasi.

"MUI memperbantukan ustadz-ustadz yang sudah biasa menasihati hal-hal yang bereferensi agama," jelas Emil.

Saat ini, mobil Kekasih Juara tersebut sudah ada tiga unit. Nantinya, mobil akan ditempatkan di tiga tempat berbeda dalam dua minggu sekali, yaitu di Taman Dago Cikapayang, Taman Dewi Sartika, dan Taman Lansia. Jam operasionalnya adalah pukul 07.00-10.00 WIB dalam setiap pelaksanaannya.

Untuk setiap lokasi, nantinya akan hadir satu mobil dan tiga tenda. Rencananya, mobil itu akan beroperasi mulai 1 Oktober 2017. Sementara ke depan, rencananya akan ditambah jumlah mobil dan tenda di APBD Perubahan agar bisa menjangkau kawasan yang lebih luas.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini