nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Film G30S/PKI Diputar di Bandung, Ridwan Kamil: Waspada Saja, Jaga Pancasila

Oris Riswan, Jurnalis · Kamis 28 September 2017 13:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 28 525 1784695 film-g30s-pki-diputar-di-bandung-ridwan-kamil-waspada-saja-jaga-pancasila-33tnFtG51k.jpg Foto: Antara

BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengajak warga untuk menyaksikan film G30S/PKI yang diputar di berbagai kelurahan dan koramil di Kota Bandung. Tujuannya adalah untuk mengingat sejarah dan mengambil pembelajaran.

"Sudah berlangsung dan terus berlangsung sampai besok. Besok juga di Taman Film akan dilaksanakan (pemutaran film G30S/PKI)," kata Emil, sapaan akrabnya, di kawasan Ir Djuanda (Dago), Kota Bandung, Kamis (28/9/2017).

Soal ajakannya itu, ia menegaskan tidak bersifat memaksa. Siapa yang ingin menyaksikan, tinggal datang ke lokasi-lokasi pemutaran film. Bagi yang tidak ingin menonton, hal itu tidak masalah.

Emil mengatakan, sejarah perlu dicermati, begitu juga dengan peristiwa G30S/PKI. Ia juga menegaskan bahwa sejarah jangan dilupakan begitu saja.

"Menurut saya setiap sejarah perlu kita cermati. Bahwa ada tafsir-tafsir (soal G30S/PKI), ya silakan saja, selama belum ada pembandingnya saya kira bisa lakukan yang ada, karena jangan sekali-sekali melupakan sejarah," tuturnya.

Ia pun berpesan agar warga tidak menganut paham komunis dan radikal. Ia mengimbau warga agar berjalan di tengah-tengah. "Pokoknya waspada aja, jaga Pancasila. Janga terlalu ke kiri, komunis. Jangan terlalu ke kanan, agama radikal. Jadi fokus di tengah dengan Pancasila, dengan waspada, insya Allah selamat," ucap Emil.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini