nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Munculkan Figur Muda di Pilgub NTT, PKB Dinilai Cerdik

Adi Rianghepat, Jurnalis · Senin 02 Oktober 2017 11:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 02 340 1786895 munculkan-figur-muda-di-pilgub-ntt-pkb-dinilai-cerdik-JHBWQRXV9R.jpg Ilustrasi

KUPANG - Keputusan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memunculkan kader muda sebagai bakal calon Gubernur NTT, Marianus Sae, dinilai sebagai langkah cerdik. Dengan kemunculan figur Bupati Ngada dua periode itu, akan menambah konstalasi pilgub di provinsi berbasis kepulauan itu.

"Figur Marianus Sae yang ditawarkan dan dimunculkan PKB akan menjadi alternatuf baru mejembatani dikotomi figur tua-muda," kata pengamat Politik Universitas Muhamadyah Kupang Dr Muhammad Atang kepada Okezone, Senin (2/10/2017).

Marianus Sae dinilainya sebagai salah satu bupati yang sukses membangun daerah khususnya Kabupaten Ngada. Karena itu, tidak salah kalau PKB mendorong kader muda itu menjadi calon gubernur.

Jika dilihat dari momentum kemunculannya, belum dianggap terlambat karena partai politik yang akan bertarung dalam Pilgub NTT belum benar-benar melakukan koalisi permanen, sehingga masih ada waktu yang cukup bagi Marianus dan PKB untuk membangun lobi-lobi politik, termasuk mancari figur yang menjadi wakilnya.

Keseriusan Marianus untuk maju sebagai calon gubernur akan menambah daftar figur Flores yang telah ada, sehingga kompetisi yang terbangun semakin ketat. Kondisi ini tentu akan membuka ruang untuk dilakukan kalkulasi soal peluang.

Yang harus dilakukan oleh Marianus adalah memastikan elektabilitas sebagai prasyarat untuk mendapatkan kendaraan politik. Jika elektabilitas tinggi tentu partai akan datang dengan sendirinya, sebab partai hari ini justru memilih figur karena popularitas dan elektabilitas tinggi.

Sebagai figur yang baru dimunculkan, posisi Marianus belum teruji berdasarkan hasil survei. Kerja-kerja politik ke depan memamg harus serius dilakukan untuk mendapatkan dukungan dari partai politik sebagai langkah awal dan selanjutnya memastikan figur wakil.

Sejauh ini sejumlah pasangan lain yang sudah dimuncul yakni Esthon Foenay-Christian Rotok (usungan Gerindra-PAN), Partai Demokrat memunculkan Beny K Harman dan hingga kini masih berjibaku menggalang koalisi dan bakal calon wakilnya.

Koalisi NasDem dan Golkar memunculkan Jacky Ully - Melky Lakalena, sementara PDIP masih berproses secara internal dengan sejumlah kader masing-masing Raymundus Sau Fernandes, Kristo Blasin serta Daniel Tagu Dedo. Sedangkan Hanura masih menanti hasil komunikasi dengan partai lainnya mendukung koalisi dengan usungan kader Ibrahim Agustinus Medah.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini