nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aktivitas Gunung Agung Sempat Menurun, PVMBG: Potensi Meletus Tetap Besar

Rayful Mudassir, Jurnalis · Selasa 03 Oktober 2017 16:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 03 340 1787908 aktivitas-gunung-agung-sempat-menurun-pvmbg-potensi-meletus-tetap-besar-csjCo6tZwJ.jpg Kondisi ilustrasi Gunung Agung (Foto: Okezone)

JAKARTA – Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali masih berstatus awas, ratusan ribu pengungsi juga sudah tersebar di sejumlah titik. Meski aktivitas Gunung Agung disebut sempat menurun, namun potensi meletus gunung itu dinilai masih cukup besar.

Kepala Sub Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Barat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan mengatakan, energi gempa yang ditimbulkan oleh gunung itu sempat turun naik.

“Aktivitas masih tetap tinggi, potensi meletus masih besar, tapi kita tidak tahu kapan meletus,” kata Hendra Gunawan melalui sambungan live by phone dalam Diskusi Redbons ‘Gunung Agung, Prediksi dan Penanganan Bencana’ di Kantor Redaksi Okezone, Gedung MNC News, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2017).

Hingga kini PVMBG mengaku masih membutuhkan informasi lain disamping kegempaan yang terus menerus terjadi selama berstatus awas. Pihaknya menyebut ada beberapa parameter lain yang dibutuhkan untuk analisis lanjutan.

Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Kebencanaan, Surono mengungkapkan, seharusnya seluruh parameter analisis yang dibutuhkan sudah ada sebelum menentukan status awas terhadap Gunung Agung.

Hingga kini, ratusan ribu pengungsi diketahui masih melakukan bertahan di tenda pengungsian yang tersebar di 400 titik lebih. Sementara masyarakat sekitar dinilai selalu tercukupi kebutuhan makanan dan sandang selama di pos pengungsi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini