nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tolong! Badan Kemanusiaan Butuh Dana Rp5,8 Triliun untuk Bantu Pengungsi Rohingya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 04 Oktober 2017 15:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 04 18 1788563 tolong-badan-kemanusiaan-butuh-dana-rp5-8-triliun-untuk-bantu-pengungsi-rohingya-b7VVQqaSNQ.JPG Kondisi tempat penampungan sementara pengungsi Rohingya di Cox's Bazar, Bangladesh (Foto: Mohammad Ponir Hossain/Reuters)

COX’S BAZAR – Keberadaan pengungsi Rohingya yang mencapai 809 ribu orang membuat organisasi-organisasi kemanusiaan di Cox’s Bazaar kembali mengajukan dana bantuan tambahan. Organisasi tersebut mengatakan, membutuhkan dana sekira USD434 juta (setara Rp5,8 triliun) untuk enam bulan ke depan agar dapat membantu sekira 1,2 juta pengungsi Rohingya.

BACA JUGA: PM Bangladesh: Saya Melihat Rohingya yang Lapar, Tertekan dan Tanpa Harapan di Myanmar

Ratusan ribu pengungsi Rohingya itu melarikan diri sejak 25 Agustus dari konflik di Rakhine State serta menghindari kekerasan dari militer Myanmar. Padahal, Cox’s Bazar sebelumnya sudah menampung sekira 300 ribu orang pengungsi Rohingya yang sudah lari sejak konflik serupa pada 2016.

“Populasi Rohingya di Cox’s Bazaar amat sangat rentan, banyak yang mengalami trauma berat, dan sekarang hidup dalam kondisi sulit yang ekstrem,” ujar Koordinator PBB di Bangladesh, Robert Watkins, mengutip dari Reuters, Rabu (4/10/2017).

BACA JUGA: Waduh! Bertugas di Rakhine, Tentara Myanmar Bawa 2 Juta Butir Narkoba

Bangladesh dan sejumlah organisasi kemanusiaan saat ini sudah kesulitan untuk membantu sekira 509 ribu pengungsi Rohingya yang tiba sejak 25 Agustus. PBB mengutuk keras aksi kekerasan yang dilakukan militer Myanmar dan menyebutnya sebagai pembersihan etnis.

Akan tetapi, Myanmar menolak tuduhan pembersihan etnis tersebut. Mereka mengklaim pasukannya tengah menghadapi pemberontakan dari kelompok militan ARSA yang bertanggung jawab atas serangan terhadap 30 pos polisi serta kamp militer yang memicu terjadinya agresi.

BACA JUGA: Nah! Myanmar-Bangladesh Sepakati Rencana Pemulangan Pengungsi Rohingya

Badan-badan kemanusiaan memperkirakan arus pengungsi belum akan berkurang apalagi berhenti dalam beberapa pekan mendatang. Tambahan dana bantuan itu sedianya akan dialokasikan kepada 1,2 juta orang, termasuk pengungsi Rohingya, serta komunitas di Bangladesh.

“Rencana tersebut menargetkan 1,2 juta orang, termasuk semua pengungsi Rohingya, dan 300 ribu orang warga Bangladesh selama enam bulan ke depan,” sambung Robert Watkins.

BACA JUGA: Gara-Gara Krisis Rohingya, Pangeran Charles Batalkan Kunjungannya ke Myanmar

Badan kemanusiaan mengatakan, setengah juta orang di Cox’s Bazar saat ini membutuhkan bantuan berupa makanan, sementara 100 ribu orang butuh tempat tinggal darurat. Lebih dari setengah jumlah pengungsi tersebut adalah anak-anak dan 24 ribu orang adalah wanita hamil yang membutuhkan pelayanan kesehatan kandungan.

“Peningkatan masif dan segera dibutuhkan untuk menyelamatkan nyawa mereka. Tanpa air bersih serta sanitasi yang higienis dan tepat, dikhawatirkan akan terjadi penyebaran penyakit,” tandas pernyataan badan kemanusiaan tersebut.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini