Share

Gugat UU Pemilu, Hari Ini Komisioner KIP Aceh Jalani Sidang Perdana di MK

Rayful Mudassir, Okezone · Rabu 04 Oktober 2017 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 04 340 1788317 gugat-uu-pemilu-hari-ini-komisioner-kip-aceh-jalani-sidang-perdana-di-mk-m3PR5F73nq.JPG Ilustrasi

JAKARTA – Dua Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh bersama seorang warga, hari ini akan menjalani sidang perdana atas permohonan gugatan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum di Mahkamah Konstitusi (MK).

Dua Komisioner KIP Aceh itu adalah Hendra Fauzi dan Robby Syahputra dan seorang warga, Ferry Munandar. Pokok perkara yang diajukan ke MK ialah permohonan pengujian Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Hari ini kita akan menjalani sidang perdana gugatan UU Pemilu pukul 11.00 WIB," kata Komisioner KIP Aceh, Hendra Fauzi kepada Okezone, Rabu (4/10/2017).

(Baca Juga: Yusril Pertanyakan Presidential Threshold: Apa Cukup Rasional Kita Bicara Ambang Batas?)

Pokok pasal yang diajukan ialah pasal 557 ayat (1) huruf a dan b, pasal 557 ayat (2) dan pasal 571. Secara umum, pasal 557 mengandung norma lembaga penyelenggara pemilu di Aceh baik KIP dan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) harus menyesuaikan diri dengan UU Pemilu.

Sementara di pasal 571 huruf d UU Pemilu mencabut ketentuan pasal 57 dan 60 Undang-Undang Pemerintah Aceh. Padahal di dalam pasal UUPA diterangkan bahwa KIP dan Panwaslih yang dibentuk, akan melibatkan DPR Aceh.

(Baca Juga: LBH Perindo Minta MK Menguji Kembali Pasal 173 Ayat 3 Mengenai Kesetaraan dan Hak di Mata Hukum)

Hendra Fauzi menyatakan, dalam permohonan gugatan tersebut, pihaknya juga didukung oleh Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Kontras, serta Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PBHI).

"Sementara masih dua orang Komisioner (KIP Aceh) dan seorang masyarakat, kemungkinan akan bertambah," sebut Hendra.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini