nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saksi Ahli: Terdapat Kemungkinan Kim Jong-nam Diracun oleh Tersangka Lain

Emirald Julio, Jurnalis · Kamis 05 Oktober 2017 10:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 05 18 1789117 saksi-ahli-terdapat-kemungkinan-kim-jong-nam-diracun-oleh-tersangka-lain-SNDdl8aCIF.jpg Foto Doan Thi Huong di proses persidangan Kim Jong-nam (Foto: AP/Japan Times)

SHAH ALAM – Muncul dugaan baru dalam perkembangan kasus pembunuhan kakak tiri Kim Jong-un, Kim Jong-nam, bahwa korban disinyalir diracun oleh tersangka lain yang belum tertangkap. Klaim tersebut disampaikan oleh ahli patologi yang dihadirkan dalam sidang pembunuhan Kim Jong-nam di Malaysia pada Rabu 4 Oktober 2017.

Pada persidangan tersebut, Siti Aisyah dan Doan Thi Huong, menjadi tersangka utama dalam pembunuhan kakak tiri pemimpin tertinggi Korea Utara. Keduanya dituding membunuh Kim Jong-nam dengan cara diracun menggunakan VX di wajahnya pada 13 Februari 2017.

Baca juga: Kasus Pembunuhan Kakak Tiri Kim Jong-un, Ini Pengakuan WNI Siti Aisyah di Pengadilan!

Baca jugaTerbongkar! Cara Mengerikan Kim Jong-un Bunuh Kakak Tirinya untuk Menakuti Dunia

Keduanya kemudian ditangkap berselang beberapa hari setelah pembunuhan di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Dihadapkan dengan ancaman hukuman mati, Siti dan Doan mengaku tidak bersalah atas pembunuhan tersebut karena keduanya mengklaim mereka direkrut untuk mengikuti acara kelakar di reality show.

Sebagaimana dikutip dari Japan Times, Kamis (5/10/2017), pada sidang lanjutan kasus pembunuhan Kim Jong-nam, seorang saksi ahli di bidang patologi dihadirkan. Ahli Patologi, Mohamad Shah Mahmood, mengindikasikan terdapat kemungkinan empat tersangka (warga Korea Utara) yang saat ini masih belum tertangkap telah memberikan racun kepada Kim Jong-nam sebelum ia disergap oleh Siti dan Doan.

Baca jugaFakta Baru, Kim Jong-nam Dibunuh karena Berhubungan dengan Intelijen AS

Baca juga: Kesaksian Ahli Medis, Kakak Tiri Kim Jong-un Muntah Darah Usai Diracun

Pada proses persidangan hari ketiga itu, pengacara Doan, Naran Singh, bertanya kepada Mohamad mengenai kemungkinan bagaimana cara memasukkan racun VX ke dalam tubuh manusia.“Jalan masuk yang memungkinkan melalui kontak kulit, penyerapan, inhalasi, suntikan dan melalui mati,”  ujar Mohamad di Pengadilan Tinggi Shah Alam.

Saat itulah, Naran bertanya kepada Mohamad mengenai adakah kemungkinan empat tersangka lainnya  yang sempat disinggung di pengadilan memberikan racun ke tubuh Kim Jong-nam sebelum disergap oleh Siti dan Doan . “Ada kemungkinan,” jawab ahli patologi tersebut.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini