Selamat! Sultan Brunei Gelar Peringatan 50 Tahun Berada di Tahta

Emirald Julio, Okezone · Kamis 05 Oktober 2017 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 05 18 1789186 selamat-sultan-brunei-gelar-peringatan-50-tahun-berada-di-tahta-EDc74swiIJ.jpg Potret Sultan Brunei Darussalam dan istri. (Foto: AFP)

BANDAR SERI BEGAWAN – Pada hari ini pemimpin Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah, akan menyelenggarakan peringatan 50 tahun ia berada di tahta kesultanan negara tersebut. Presiden Joko Widodo disinyalir akan turut hadir dalam peringatan tahun emas tersebut.

Sebagaimana dikutip dari AFP, Kamis (5/10/2017) salah satu festival yang menjadi sorotan utama dalam perayaan ini adalah ketika Sultan Bolkiah menaiki kereta kencana yang melewati para warga Burnei. Pada saat itu, warga Brunei akan memberikan doa serta ucapan selamatnya untuk sang sultan.

Sekadar informasi, sultan yang berusia 71 tahun itu naik tahta di Brunei pada Oktober 1967. Karena itulah Sultan Bolkiah pun mendapat gelar sebagai pemimpin monarki terlama kedua dengan yang pertama adalah Ratu Elizabeth II.

Lepas dari pengaruh Inggris, Brunei sebenarnya menjadi salah satu negara yang makmur dengan cadangan emas dan minyaknya. Namun kepemimpinan salah satu pria terkaya di dunia ini juga acap kali dibayangi dengan kontroversi.

Salah satu kontroversinya yang acap menjadi sorotan Barat adalah ketika ia mulai menerapkan hukum Islam yang ketat di negaranya pada 2014. Selain itu masih ada kabar tak sedap mengenai saudaranya, Pangeran Jefri Bolkiah. Pasalnya, sang pangeran terkenal memiliki gaya hidup hura-hura bahkan ia disebut mempunyai kapal pesiar mewah yang dinamai “Tits” atau buah dada.

AFP mewartakan, perayaan ini akan dimulai dengan Sultan Bolkiah dan istrinya menghadiri upacara kehormatan yang dihadiri oleh para pasukan kerajaan. Kemudian 21 tembakan ke udara pun langsung menghiasi upacara tersebut.

Sulan Bolkiah lalu akan menyelenggarakan open house di istananya. Acara tersebut disebut akan dihadiri oleh para tamu khusus, seperti anggota keluarga kerajaan serta anggota kabinet Pemerintahan Brunei.

Acara puncak pada perayaan tahun emas itu adalah ketika sultan dan istrinya menaiki kereta kencana berwarna emas yang ditarik dengan puluhan orang dan melewati jalanan Kota Bandar Seri Begawan. Saat itu, puluhan ribu warga Brunei akan berbaris agar bisa melihat serta memberikan ucapan kepada sang sultan.

Jamuan makan yang dihadiri oleh keluarga kerjaan Timur Tengah dan para pemimpin Asia Tenggara juga akan diadakan pada Jumat 6 Oktober 2017. Rencananya pada acara jamuan tersebut Presiden Joko Widodo, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak hingga Presiden Filipina Rodrigo Duterte akan turut hadir.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini