Share

Hantam Wilayah Amerika Tengah, Badai Nate Tewaskan 20 Orang

Emirald Julio, Okezone · Jum'at 06 Oktober 2017 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 06 18 1789865 hantam-wilayah-amerika-tengah-badai-nate-tewaskan-20-orang-GaaNr1HZ4t.jpg Foto sebuah rumah yang hancur akibat longsoran lumpur yang dipicu Badai Nate (Foto: Reuters)

SAN JOSE – Badai tropis bernama Nate dilaporkan telah menghantam wilayah Amerika Tengah dan menyebabkan sedikitnya 20 orang kehilangan nyawanya pada Kamis 5 Oktober 2017 waktu setempat. Badai ini diperkirakan akan meningkat statusnya menjadi hurikan saat mendekati area Meksiko dan Amerika Serikat.

Sebagaimana dikutip dari Telegraph, Jumat (6/10/2017) Kosta Rika mengumumkan darurat nasional akibat hantaman badai tersebut. Akibatnya, sekolah-sekolah serta kantor-kantor pemerintahan di sana terpaksa ditutup.

Badai Nate juga menyebabkan kekacauan di Nikaragua dengan longsoran lumpur, jalanan yang tergenang, sungai yang meluap hingga memicu tertutup aksesnya para warganya.

Wakil Presiden Nikaragua, Rosario Murillo, mengklaim 11 orang di negaranya meregang nyawa akibat Badai Nate. Ia menambahkan saat ini masih ada tujuh orang yang dinyatakan hilang.

Pejabat di Kosta Rika menyatakan, setidaknya ada enam orang yang meninggal dunia akibat hantaman Badai Nate di sana. Korban tewas terdiri dari empat warga Kosta Rika, temasuk seorang balita perempuan, dan dua pekerja peternakan asal Nikaragua.

Selain itu, masih ada 15 orang di Kosta Rika yang dinyatakan hilang, termasuk para ABK di perahu nelayan. Di Honduras, pejabat setempat mengklaim ada tiga orang di negara mereka yang tewas.

Dilaporkan, lebih dari 5 ribu orang di Kosta Rika saat ini terpaksa tinggal di tempat pengungsian setelah meninggalkan rumah mereka akibat tergenang banjir. Direktur Komisi Darurat Nasional Kosta Rika, Ivan Brenes, menyatakan bahwa para warganya mengungsi juga karena takut rumah mereka ambruk akibat terkikisnya tanah.

Pusat Hurikan Nasional Amerika Serikat memprediksi badai tropis itu terus bergerak menuju utara. Badai tersebut akan melemah ketika berada di daratan namun akan kembali menguat saat masuk wilayah perairan.

Pusat Hurikan Nasional Amerika Serikat menyebut bahwa Badai Nate akan memiliki kekuatan hampir serupa dengan intensitas Hurikan ketika menghantam wilayah Semenanjung Yukatan pada Jumat 6 Oktober 2017 dini hari waktu setempat. Kemudian badai itu akan kembali menguat pada akhir pekan ini saat melintasi Teluk Meksiko menuju wilayah Amerika Serikat bagian selatan.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini