Image

Moratorium 17 Pulau Reklamasi Teluk Jakarta Dicabut, Djarot: Saya Dukung Langkah Itu

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 06 Oktober 2017, 21:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 06 338 1790495 moratorium-17-pulau-reklamasi-teluk-jakarta-dicabut-djarot-saya-dukung-langkah-itu-SsKIAXTuGo.jpg Ilustrasi

JAKARTA – Moratorium atau penghentian sementara pembangunan 17 pulau reklamasi di Teluk Jakarta resmi dicabut oleh Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Pencabutan moratorium tersebut diketahui setelah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima surat pemberitahuan bernomor S-78-001/02/Menko/Maritim/X/2017.

Dengan adanya hal itu, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan mendukung pencabutan moratorium tersebut, sebagai bagian dari konsistensi kebijakan pemerintah sebelumnya.

"Saya mendukung dengan langkah tersebut karena tidak mungkin kami menggugurkan itu karena investasi sedang dilakukan di sana," ujar Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (6/10/2017).

(Baca Juga: Moratorium 17 Pulau Reklamasi Teluk Jakarta Resmi Dicabut Menko Luhut)

Menurutnya, pulau reklamasi sudah dikelola sejak 1995 dan Pemprov DKI telah menerima sebagian kontribusi dari pengelolaan pulau reklamasi tersebut.

"Saya bilang mereka sudah kasih kontribusi. Dalam bentuk bangun rusunawa itulah mereka berkontribusi," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Tuty Kusumawati menambahkan bahwa sudah mengirim surat kepada DPRD dan menteri ATR yang sudah ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat, untuk pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda).

"Surat sudah diberikan kepada DPRD DKI, Jakarta untuk segera dibahas dan disetujui bersama, dilakukan paripurna persetujuan untuk perda. Kemudian untuk ATR persetujuan substansi," pungkasnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini