Bila Terjadi Erupsi Gunung Agung, Ini Skenario Menpar untuk Wisatawan di Bali

Nurul Arifin, Okezone · Jum'at 06 Oktober 2017 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 06 340 1789821 bila-terjadi-erupsi-gunung-agung-ini-skenario-menpar-untuk-wisatawan-di-bali-C7M1HWTTu4.jpg Menteri pariwisata Arief Yahya (Foto: Okezone)

KARANGASEM - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku sudah memiliki skenario untuk para wisatawan yang liburan di Bali bila terjadi Gunung Agung meletus.

"Kami sudah buat skenario antispasi seandainya erupsi itu terjadi. Rumusnya itu tiga A, Accesibility dari laut, darat dan udara,"jelasnya di Karangasem, Kamis (5/10/2017).

Pihaknya menyatakan sudah memperhitungkan semuanya, skenario kesiapan evakuasi baik dari jalur timur, maupun barat. Menpar juga mengungkap semua sudah diperhitungkan matang baik jumlah armada transportasi dengan jumlah wisatawan yang ada di beberapa daerah terdampak.

"Kami sudah perhitungkan semua. Berapa lautnya, udaranya juga berapa. Seperti halnya saat mengantar orang mudik,"terangnya.

Dia menjelaskan, bahwa pada saat mudik bisa mengantarkan orang kembali ke wilayahnya sekitar 40 ribu jiwa dalam satu hari.

"Mengacu pada situ berarti orang yang tertinggal disini seandainya terjadi erupsi itu sekitar 60 ribu. 40 ribu sehari berarti 60 ribu orang itu kita harapkan dalam 2 atau 3 hari selesai kita pulangkan, seandaianya itu terjadi erupsi,"terangnya.

Pihaknya ingin wisatawan aman dan nyaman merasa di Bali. Saat ini untuk menggairahkan dunia pariwisata menpar menjual paket-paket destinasi wisata lainnya.

"Dulu kita jual paket Manado-Bali, mungkin kita bisa jual paket lainnya lagi,"tutupnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini