nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bawaslu Kalimantan Utara Antisipasi Keterlibatan Aparat pada Pilkada 2018

Yudhistira Dwi Putra, Jurnalis · Sabtu 07 Oktober 2017 08:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 06 340 1790443 bawaslu-kalimantan-utara-antisipasi-keterlibatan-asn-pada-pilkada-2018-qWUC9wLNFF.jpg

TARAKAN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Utara mewaspadai keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) mendukung salah satu pasangan calon di Pilkada serentak Kota Tarakan pada 2018.

Kepala Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Kaltara, Mumaddadah di Tarakan, Jumat mengakui potensi keterlibatan ASN mendukung salah satu pasangan calon karena beberapa bakal calon wali kota dan wakil wali kota Tarakan berasal dari birokrat.

Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, maka Bawaslu Kaltara telah mengsosialisasikan jauh-jauh hari agar ASN tidak terlibat dukung mendukung salah satu pasangan calon.

Jika langkah itu tidak efektif, Bawaslu Kaltara telah mewanti-wanti dengan menerapkan perangkap terhadap ASN yang memiliki kedekatan emosional dengan salah satu pasangan calon tersebut.

Mumaddadah menekankan, apabila ditemukan ASN terlibat langsung mendukung pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota maka langsung diproses pelanggarannya dengan melampirkan rekam jejaknya dan bukti-bukti foto-foto kedekatannya dengan calon bersangkutan.

Bahkan dia berjanji akan melaporkan kepada pasangan calon yang terpilih apabila pasangan calon yang didukung ASN bersangkutan tidak terpilih.

Langkah yang dilakukan Bawaslu Kaltara sebagai efek jera karena melanggar aturan yang berlaku bahwa ASN dilarang berpolitik praktis atau memberikan dukungan kepada pasangan calon saat pemilu atau pilkada.

Ia juga berjanji akan melaporkan kepada Komisi ASN apabila Badan Kepegawaian Daerah tidak merespon atau terkesan menutup mata.

(ydp)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini