nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terciduk! Stevanus Peras Pengusaha dengan Ngaku dan Pajang Foto Pejabat Polda Jabar di WhatsApp

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Jum'at 06 Oktober 2017 11:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 06 525 1789903 terciduk-stevanus-peras-pengusaha-dengan-ngaku-dan-pajang-foto-pejabat-polda-jabar-di-whatsapp-s37bgH4sYR.jpg Ilustrasi.

KARAWANG - Jajaran Polres Karawang meringkus Stevanus Abraham (40) yang melakukan penipuan terhadap dua pengusaha di Karawang, Jawa Barat.

Dalam aksinya itu, Stevanus mengaku sebagai Wadir Krimsus Polda Jabar, AKBP Diki Budiman dan meminta pengusaha mentransfer uang agar tidak tersangkut kasus hukum. Dua pengusaha, yaitu pengusaha besi dan manajer hotel ketakutan akhirnya mau memberikan uang meski sempat curiga.

"Modusnya dengan mengirim pesan singkat kepada korbannya melalui WhatsApp, di mana foto profil memang menggunakan foto wadir krimsus Polda Jabar. Meski dua orang korban ini memberikan uang masing-masing Rp1 juta dari pengusaha besi dan Rp10 juta dari manager salah satu hotel di Karawang, namun karena curiga mereka melaporkan kepada kami hingga akhirnya kami tangkap," kata Kasatreskrim Polres Karawang, AKP Maradona Armin Mapaseng, Jumat (6/10/2017).

Menurut Maradona, aksi penipuan ini baru terungkap setelah salah seorang korban melaporkan kejadian tersebut setelah mentransfer uang ke rekening pelaku. Korban curiga karena ada pejabat tinggi Polda Jabar yang meminta-minta uang.

(Baca juga: Waspada! Polisi Ungkap Kasus Penipuan Bermodus Kiriman Barang Berharga dari Luar Negeri)

Akhirnya setelah diselidiki ternyata pelakunya Stevanus Abraham. "Setelah kita selidiki ternyata pelaku tinggal di daerah Bekasi dan langsung kami tangkap di rumahnya di daerah Tambun," katanya.

Maradona mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku mengaku memasang foto Wadir krimsus Polda Jabar di foto profil WhatsApp yang diambil dari internet.

Pemasangan foto profil pejabat Polda Jabar dilakukan demi untuk memuluskan aksi penipuan yang dilakukannya. "Sebelum menjalankan aksinya dia membeli nomor cantik untuk handphone-nya, setelah itu membuka rekening bank atas nama orang lain," katanya.

Selain menahan tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 4 buah handphone berbagai merk, 7 buah SIM Card, 5 buah buku tabungan, 3 keping kartu ATM dan uang tunai Rp4 juta. Polisi saat ini masih melakukan pengembangan atas kasus penipuan yang dilakukan Stevanus.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini