Badai Nate Terjang AS, Mississippi Dilanda Banjir Parah

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 08 Oktober 2017 20:57 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 08 18 1791298 badai-nate-terjang-as-mississippi-dilanda-banjir-parah-TiuFNdPSml.jpg Foto: Reuters

NEW ORLEANS – Badai Nate mendarat di pantai Mississippi membawa angin perusak dan hujan lebat yang membanjiri jalan-jalan di seluruh wilayah tersebut. Badai kategori 1 itu aalah badai keempat yang menerjang wilayah Amerika Serikat (AS) dalam jangka kurang dari dua bulan terakhir.

BACA JUGA: Hantam Wilayah Amerika Tengah, Badai Nate Tewaskan 20 Orang

Badai Nate telah menewaskan sedikitnya 30 orang di Amerika Tengah sebelum memasuki perairan hangat di Teluk Meksiko menuju ke AS. Nate juga sukses menghentikan sebagian besar produksi minyak dan gas di Teluk Meksiko.

Kedatangan Nate mengikuti tiga badai sebelumnya yaitu Harvey, Irma dan Maria yang telah meluluhlantakkan Texas, Florida dan Puerto Riko. Namun, dengan kekuatan angin yang hanya mencapai 135 kilometer per jam, Nate adalah yang terlemah di antara ketiga badai lainnya dan tidak memberikan kerusakan yang terlalu besar.

"Satu-satunya yang bisa Anda lakukan adalah bersiap. Tidak ada yang bisa Anda lakukan saat badai datang kecuali Anda akan pergi. Dan saya tidak berencana untuk pergi," kata Emmett Bryant, seorang penduduk di Gulfport, Mississippi kepada Reuters, Minggu (8/10/2017).

Peringatan bahaya sempat diumumkan di Lousiana, Mississippi, Alabama dan setidaknya dua lusin kabupaten di Florida pada Sabtu, 7 Oktober. Gubernur Alabama, Kay Ivey juga memperingatkan warganya di daerah yang menghadapi angin kencang dan badai untuk mengambil tindakan persiapan.

Kekuatan Badai Nate diprediksi akan semakin melemah seiring pergerakannya ke wilayah daratan dalam hari ini sampai akhirnya menjadi badai tropis dalam beberapa hari mendatang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini