nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren! Ratusan Mahasiswa Turun Tangan Pungut Sampah di Teluk Palu

Agregasi Antara, Jurnalis · Minggu 08 Oktober 2017 16:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 08 65 1791198 keren-ratusan-mahasiswa-turun-tangan-pungut-sampah-di-teluk-palu-c7ZIePKUsX.jpg Foto: Ilustrasi Antara

PALU - Mahasiswa sebagai agent of change seharusnya diwujudkan dengan aksi nyata berupa kontribusi positif di lingkungannya. Seperti yang dilakukan ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Palu yang turun tangan menggelar aksi sosial memungut sampah di Teluk Palu.

Aksi sosial yang mengusung tema "Bersih dan Sehat Mulai dari Saya" itu merupakan sebuah aksi peduli lingkungan sebagai upaya menjadikan ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu menjadi kota bersih meski kerap dijadikan destinasi wisata.

"Universitas Tadulako menurunkan 300 mahasiswanya dari Fakultas Kesehatan Masyarakat melalui komunitas Seantik," kata Koordinator Gerakan Gali Gasa (3G) Kota Palu Ansyar Munir, baru-baru ini.

 Baca juga: Ada-Ada Saja! Mahasiswa Bikin Ekosemen dari Sampah Organik dan Kerang Laut

Selain Universitas Tadulako, lanjut dia, ada pula mahasiswa dari Universitas Alkhairaat Palu dan Universitas Muhammadiyah Palu.

Sementara itu Gerakan Gali Gasa sendiri merupakan komunitas masyarakat kota yang mendorong kesadaran publik terhadap lingkungan khususnya masalah sampah. Komunitas ini juga melakukan aksi-aksi nyata di lapangan terkait kebersihan lingkungan dan ruang publik.

Ansyar menjelaskan, para mahasiswa tersebut turun langsung memungut sampah khususnya sampah plastik yang masih berserakan di Teluk Palu, tepatnya di depan Anjungan Nusantara.

 Baca juga: Unik! di Kampus Ini Bisa Tukar Sampah dengan Rupiah

Ia mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengabarkan pada seluruh elemen masyarakat bahwa dengan kebersamaan dan kegotoroyongan persoalan kebersihan dan kesehatan mampu diselesaikan.

Selain itu, kata dia, juga mendorong tergeraknya unsur pemerintah dan warga masyrakat sehingga mampu memberikan energi bagi semangat bersama dalam menjadikan Kota Palu yang lebih baik.

"Aksi sosial ini akan terus didorong oleh Gerakan Gali Gasa agar berkelanjutan yang pada akhirnya menjadi hobby bagi warga Kota Palu," katanya.

 Baca juga: Luar Biasa! Mahasiswa Bikin Kapal Pengangkut Sampah Plastik

Perpaduan yang apik tersebut, kata dia, diharapkan bisa memberi manfaat yang besar bagi Kota Palu.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini