nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perkebunan di Lereng Slamet Jadi Sasaran Hewan Liar, Warga Demo Pemkab Banyumas

Sucipto Cipto, Jurnalis · Senin 09 Oktober 2017 16:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 09 512 1791893 perkebunan-di-lereng-slamet-jadi-sasaran-hewan-liar-warga-demo-pemkab-banyumas-gJ12MawNKO.jpg Massa lereng Gunung Slamet demo di kantor Sekda Banyumas (Sucipto Cipto/Okezone)

BANYUMAS - Warga di lereng Gunung Slamet resah dengan hewan liar seperti kijang, rusa, dan babi hutan yang sering turun merusak perkebunan mereka. Hal tersebut kerap terjadi setelah pembabatan hutan Gunung Slamet untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP).

Untuk menyampaikan keresahan tersebut, masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Selamatkan Slamet melakukan unjuk rasa damai di kantor Sekda Banyumas di Purwokerto. Massa berharap, keresahan mereka didengar oleh Bupati Banyumas, Ahmad Husein.

Koordinator aksi Catur Sasongko mengatakan, karena terganggunya aktivitas pertanian dan perkebunan masyarakat di lereng Gunung Slamet, penghasilan dan sumber penghidupan jadi menurun.

"Di Dusun Semaya, warga dihantui serangan hewan liar seperti babi hutan, kijang, dan rusa. Hewan itu merusak lahan pertanian warga," katanya di lokasi aksi, Senin (9/10/2-17).

Bahkan, pernah sekali waktu warga diseruduk oleh babi hutan yang turun ke perkebunan. Warga Bumijaya yang jadi korban, dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka parah.

Dalam aksi itu, massa bersikeras bertemu bupati, namun yang ingin ditemui sedang di Semarang.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini