Share

Waduh! Pilot Pingsan saat Terbangkan Pesawat di Ketinggian 9.000 Meter, Penumpang Thomson Airways Panik

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Selasa 10 Oktober 2017 03:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 10 18 1792240 waduh-pilot-pingsan-saat-terbangkan-pesawat-di-ketinggian-9-000-meter-penumpang-thomson-airways-panik-3w6BW8oQ7V.jpg Pesawat milik Thomson Airways. (Foto: PA)

SOFIA - Pesawat sipil milik maskapai penerbangan Thomson Airways terpaksa mendarat darurat setelah pilot pingsan di dalam kokpit. Pesawat yang terbang dari Newcastle, Inggris dengan tujuan Larnaca, Siprus tersebut diketahui mendarat di Sofia, Bulgaria.

Akibat insiden ini pesawat dengan nomor penerbangan 1714 ini dilanda kepanikan. Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, Selasa (10/10/2017), pilot tersebut pingsan hingga jatuh tergeletak di lantai kokpit hanya berselang 16 menit pascapesawat lepas landas. Si pilot pingsan ketika pesawat tengah terbang pada ketinggian 9.000 meter.

Untuk mengantisipasi kejadian tidak diinginkan, co-pilot kemudian mendaratkan pesawat di bandara terdekat yaitu di Bulgaria. Beruntung, pesawat bisa mendarat dengan lancar dan aman. Seorang penumpang menyebut, bahwa pilot tersebut pingsan secara tiba-tiba.

"Itu sangat mengerikan. Aku melihat sekilas dari dalam pintu kokpit ada kopi yang tumpah ke lantai dan tampaknya seseorang telah roboh. Orang itu terlentang di lantai dan ternyata ia adalah pilot pesawat ini. Aku yakin ini bukan sesuatu yang ingin Anda lihat di dalam pesawat," ujar seorang penumpang yang tak disebutkan namanya tersebut.

Akibat insiden ini, para penumpang pesawat harus menunda perjalanan mereka. Pihak maskapai telah menyediakan sebuah hotel untuk para penumpang beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan pada hari berikutnya. Alih-alih marah karena perjalanan mereka telah tertunda setelah mengeluarkan biaya yang cukup tinggi, beberapa penumpang justru mengaku mengkhawatirkan kondisi kesehatan si pilot.

"Kerugian materi bukanlah sesuatu yang saya pikirkan saat pilot itu pingsan. Beruntung, tepat setelah mendarat darurat pilot langsung dibawa dengan tandu ke ambulans untuk dilarikan ke rumah sakit," tutur seorang penumpang lainnya.

Sementara itu, pihak Thomson Airways telah mengonfirmasi bahwa pilotnya tersebut tengah mengalami gangguan kesehatan. Namun, mereka tidak menyebutkan secara rinci penyakit apa yang tengah menyerang pilot tersebut.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa salah satu pilot kami merasa tidak sehat. Ini menyebabkan kami mengambil keputusan untuk mengalihkan penerbangan Newcastle ke Larnaca, Siprus tadi malam ke Bulgaria. Bandara Bulgaria merupakan bandara terdekat dan pilot kami langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk diperiksa," terang pihak Thomson Airways.

Maskapai milik Republik Irlandia itu juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pelangga atas kesabaran mereka. Thomson Airways juga menegaskan jika klesejahteraan semua pelanggan dan adalah prioritas utama.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini