Image

Ya Ampun! California Dilanda Kebakaran Besar, 1.500 Rumah Hangus dan 1 Orang Tewas

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017, 04:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 10 18 1792255 ya-ampun-california-dilanda-kebarakan-besar-1-500-rumah-hangus-dan-1-orang-tewas-xBfEy7owKA.jpg Kebakaran melanda California, Amerika Serikat. (Foto: Sky News)

CALIFORNIA - Sebuah kebakaran besar melanda pemukiman penduduk di California utara, Amerika Serikat (AS). Kebakaran tersebut menyebabkan sedikitnya satu orang tewas dan 14 orang lainnya terluka.

Baik korban tewas dan korban luka berada di Kabupaten Mendocino. Kebakaran besar tersebut diketahui terjadi di 14 kabupaten sekaligus di California dan menyebar semakin tak terkendali. Sebagaimana diwartakan Sky News, Selasa (10/10/2017), api telah melalap sekira 1.500 rumah warga.

 

Kebakaran di California. (Foto: Sky News)

Sebagian besar rumah yang terbakar berada di kabupaten, Napa, Soma dan Yuba. Selain menghanguskan bangunan pemukiman, kebakaran juga telah mematikan kehidupan bisnis dan ekonomi di wilayah tersebut.

Dampak kebakaran di California. (Foto: Sky News)

Direktur Departemen Perlindungan Kehutanan dan Kehutanan California, Ken Pimlott menyatakan, jika kemungkinan besar korban akibat kebakaran ini jumlahnya masih mungkin bertambah. Pihak berwenang sendiri telah mengeluarkan perintah evakuasi.

Sayangnya, beberapa warga dilaporkan kesulitan menemukan jalan keluar mencari tempat berlindung karena jalan tertutup pohon tumbang dan beberapa reruntuhan bangunan yang jatuh akibat terbakar. Musibah kebakaran kali ini diperkirakan merupakan kebakaran terparah yang pernah melanda California.

Dampak kebakaran di California. (Foto: Sky News)

"Api dengan cepat membesar dan menjalar karena terpaan angin kencang yang melaju sekira 1,6 kilometer per jam. Secara harfiah api telah membakar seluas Kota Santa Rosa. Ini adalah kebakaran terburuk di California dan menjadi saat-saat paling mematikan di bulan Oktober," ujat Pimlott.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini