Image

Kebakaran Besar di California Memakan 10 Korban Jiwa dan 20.000 Lainnya Harus Mengungsi

Putri Ainur Islam, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017, 08:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 10 18 1792326 kebakaran-besar-di-california-memakan-10-korban-jiwa-dan-20-000-lainnya-harus-mengungsi-m9kmbRDiXt.jpg Upaya pemadaman kebakaran di California. (Foto: Reuters)

CALIFORNIA – Daerah di California yang dikenal dengan produksi anggurnya dilanda kebakaran pada Senin 9 Oktober waktu setempat. Kebakaran tersebut diperparah dengan embusan angin kencang. Akibat dari kebakaran tersebut, setidaknya 10 orang tewas, ratusan rumah hangus, beberapa bisnis mati, dan 20.000 orang harus mengungsi dari tempat tinggal mereka yang terbakar.

Gubernur California Jerry Brown mengumumkan keadaan darurat kebakaran untuk wilayah Napa, Sonoma, dan Yuba, yang mencakup beberapa daerah pembuatan anggur utama di negara bagian tersebut, karena api yang berkobar tidak terkendali dan melanda wilayah tersebut dan menimbulkan asap tebal dan mengepul yang melayang ke selatan ke wilayah Teluk San Francisco.

BACA JUGA: Ya Ampun! California Dilanda Kebakaran Besar, 1.500 Rumah Hangus dan 1 Orang Tewas

Gubernur Brown juga menambahkan jika pengumuman keadaan darurat kebakaran tersebut juga akan berlaku di empat daerah di California Utara lainnya dan Orange County di Southern California.

Menurut laporan Reuters, Selasa (10/10/2017), akibat kebakaran yang menerpa California, menurut kepolisian Sonoma, terdapat tujuh kematian terkait kebakaran. Dua orang lainnya meninggal di daerah Napa dan satu lagi di Mendocino, menurut Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (CalFire).

Rincian tentang korban tewas tersebut tidak langsung disampaikan oleh CalFire atau pejabat setempat. Namun menurut sumber dari pejabat Patroli Jalan Raya California yang enggan memberi tahu identitasnya, salah satu korban adalah seorang wanita tua yang buta ditemukan di jalan masuk rumahnya di Santa Rosa, sebuah kota di Sonoma.

Sekadar diketahui, ribuan petugas pemadam kebakaran memerangi embusan angin dengan kecepatan 80 km/jam yang telah dengan cepat menyebarkan 15 kebakaran di tempat terpisah di sekira 73.000 hektare di utara California sejak Minggu 8 Oktober malam.

Pada sebuah konferensi pers Direktur Departemen Perlindungan Kehutanan dan Kehutanan California, Ken Pimlott, menyatakan bahwa sekira 1.500 rumah dan bangunan untuk berbisnis telah hangus di Mendocino. Hingga kini penyebab kebakaran masih belum diketahui.

(pai)

Ya Ampun! California Dilanda Kebakaran Besar, 1.500 Rumah Hangus dan 1 Orang Tewas

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini