Image

Ya Ampun! Tewaskan 15 Orang, Kebakaran California Juga Sebabkan 150 Lainnya Hilang

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017, 00:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 11 18 1792940 ya-ampun-tewaskan-15-orang-kebakaran-california-juga-sebabkan-150-lainnya-hilang-bdov0Sopsc.jpg Dampak kebakaran di California, AS. (Foto: UPI)

CALIFORNIA - Kebakaran yang melanda California, Amerika Serikat (AS) sedikitnya menyebabkan 15 orang tewas. Selain korban tewas, musibah kebakaran ini juga menyebabkan 150 orang lainnya masih hilang. Pihak berwenang sendiri hingga kini masih terus berlomba dengan waktu untuk menyelamatkan warga yang terisolasi.

Sebagaimana diketahui, sebagian warga dilaporkan kesulitan mengungsi karena akses jalan yang tertutup baik oleh pohon tumbang maupun puing-puing bangunan yang terbakar. Melansir UPI, Rabu (11/10/2017), api telah melalap 120 ribu hektar lahan dan menghanguskan lebih dari 1.500 rumah warga serta bangunan lainnya.

Baca Juga: Ya Ampun! California Dilanda Kebakaran Besar, 1.500 Rumah Hangus dan 1 Orang Tewas

Bencana yang mematikan kehidupan bisnis dan ekonomi warga California ini menyebabkan 20 ribu orang harus mengungsi. Gubernur California, Jerry Brown telah mengumumkan keadaan darurat kebakaran untuk wilayah Napa, Sonoma, dan Yuba.

Menyusul bencana ini, Wakil Presiden (Wapres), Mike Pence telah mengunjungi California tepatnya ke wilayah Sacramento. Dalam kunjungannya itu, Wapres Pence menegaskan, jika pemerinta pusat akan siap memberi bantuan.

"Kami siap memberikan bantuan apa pun dan semua yang dibutuhkan," ujar Pence.

Baca Juga: Kebakaran Besar di California Memakan 10 Korban Jiwa dan 20.000 Lainnya Harus Mengungsi

Petugas berwenang hingga kini terus menyisir wilayah yang terbakar untuk mencari warga yang belum dievakusi dengan menggunakan helikopter. Belakangan, musibah mengerikan ini diketahui terjadi akibat kebakaran hutan. California sendiri memang kerap dilanda kebakaran hutan sebelumnya bahkan hingga ratusan kali.

Namun, berdasarkan keterangan Direktur Departemen Perlindungan Kehutanan dan Kehutanan California (CalFire), Ken Pimlott menyatakan jika kebakaran kali ini merupakan yang terbesar dan terparah di wilayah yang dikenal dengan produksi anggurnya itu. "Ini adalah kebakaran terburuk di California dan menjadi saat-saat paling mematikan di bulan Oktober," tutup Pimlott.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini