Image

Komandan Kapal Perusak AS yang Menabrak Kapal Tanker di Singapura Dibebastugaskan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017, 11:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 11 18 1793127 komandan-kapal-perusak-as-yang-menabrak-kapal-tanker-di-singapura-dibebastugaskan-riJ5Gp00pt.JPG Sisi kiri belakang kapal perusak USS John McCain rusak usai bertabrakan dengan kapal tanker minyak di Singapura (Foto: Ahmad Masood/Reuters)

YOKOSUKA – Penyelidikan atas kecelakaan kapal perusak Amerika Serikat (AS) USS John McCain masih berlangsung. Angkatan Laut AS mengatakan, tabrakan antara kapal USS McCain dengan kapal tanker di perairan Singapura pada 21 Agustus tersebut sebenarnya bisa dicegah.

BACA JUGA: Dicari! 10 Pelaut AS Hilang Setelah Kapal Perusak Mereka Tabrakan dengan Tanker Minyak

Dalam kesempatan tersebut, Angkatan Laut AS juga membebastugaskan sejumlah komandan kapal perang dan wakilnya. Sang komandan dianggap lalai dalam memberikan kepemimpinan, sementara wakilnya dinilai tidak mampu menjalankan program latihan dengan benar.

“Komandan melakukan penilaian yang buruk, sementara petugas eksekutif menjalankan program pelatihan kapal yang buruk,” bunyi pernyataan resmi Armada Ketujuh Angkatan Laut AS yang berbasis di Yokosuka, Jepang, mengutip dari Reuters, Rabu (11/10/2017).

BACA JUGA: Tegas! 2 Perwira Angkatan Laut AS Dipecat Setelah 4 Kapal Perang Terlibat Kecelakaan

Adapun pejabat yang dibebastugaskan adalah Kapten Kapal USS John McCain, Komandan A. Sanchez; dan Komandan Eksekutif J. Sanchez. Angkatan Laut AS menerangkan, keduanya akan diberikan tugas lain di Armada Ketujuh AS.

Sebagaimana diberitakan, kecelakaan antara kapal perang USS John McCain dan kapal tanker (pengangkut minyak) itu menewaskan sedikitnya 10 pelaut Negeri Paman Sam. Kapal USS McCain mengalami kerusakan di bagian kiri belakang akibat bertabrakan dengan Kapal Alnic MC.

Kapal perang tersebut mengangkut 93 perwira, 24 perwira menengah, dan 291 pelaut. Mereka bertolak menuju Singapura dari Jepang untuk melakukan pengecekan rutin pelabuhan.

BACA JUGA: Waduh! Kapal Perusak Bertabrakan 2 Kali, Komandan Armada Pasifik AS Dipecat

Selain kedua komandan di USS McCain, Angkatan Laut AS juga memecat Komandan Armada Ketujuh, Laksamana Madya Joseph Aucoin. Ironisnya, sang komandan itu juga akan pensiun dalam beberapa pekan depan andai tidak dipecat pada 23 Agustus.

Usai tabrakan tersebut, 277 kapal Angkatan Laut AS akan mengalami penundaan operasional untuk meninjau ulang kemampuan berlayar, kerjasama tim, dan masalah fundamental lainnya. Kecelakaan kapal USS McCain tersebut terjadi hanya berselang sebulan dari insiden kapal USS Fitzgerald dengan kapal kontainer di perairan lepas Jepang pada Juni lalu.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini