Image

Korban Terus Bertambah, Kebakaran di California Tewaskan 17 Orang

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017, 14:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 11 18 1793280 korban-terus-bertambah-kebakaran-di-california-tewaskan-17-orang-Wmr7L1Er5K.jpg Warga Santa Rosa sedih saat melihat wilayah mereka hangus terbakar. (Foto: New York Times)

CALIFORNIA – Kebakaran besar melanda negara anggur, California, Amerika Serikat (AS), pada Senin 9 Oktober 2017 waktu setempat. Api yang telah membakar 120 ribu hektare lahan itu terus memakan korban jiwa.

Sebagaimana diberitakan New York Times, Rabu (11/10/2017), korban tewas telah bertambah menjadi 17 orang. Sementara ratusan orang lainnya, saat ini masih dirawat di rumah sakit.

Kebakaran hutan ini memang begitu dahsyat dan terus merembet ke permukiman warga. Akibatnya, 2.000 bangunan hangus dilalap oleh si jago merah. Hingga Selasa 10 Oktober 2017 waktu setempat, 20 ribu orang telah mengungsi. Mereka menyelamatkan diri ke kota lainnya dengan berjalan kaki serta menaiki mobil.

BACA JUGA: Ya Ampun! California Dilanda Kebakaran Besar, 1.500 Rumah Hangus dan 1 Orang Tewas

Menurut pejabat setempat, banyak orang masih hilang dan tidak diketahui keberadaannya. Pasalnya, tim penyelamat masih belum bisa menjangkau beberapa daerah. Oleh karena itu, jumlah korban tewas kemungkinan masih bisa terus meningkat.

Menghadapi bencana besar ini, Gubernur California, Jerry Brown, mengumumkan keadaan darurat di wilayah Napa, Sonoma, dan Yuba. Dua kebakaran paling besar memang diketahui terjadi di Napa dan Sonoma sejak Minggu malam waktu setempat. Embusan angin yang kencang membuat api terus bergerak ke kota-kota, seperti Santa Rosa, Napa, dan Calistoga.

BACA JUGA: Kebakaran Besar di California Memakan 10 Korban Jiwa dan 20.000 Lainnya Harus Mengungsi

Badan pemadam kebakaran setempat memperkirakan bahwa kobaran api akan kembali meningkat lagi pada akhir pekan ini. Kepala pemadam kebakaran di California, Ken Pimlott, mengatakan bahwa dua kebakaran tersebut sangatlah dahsyat.

Korban selamat di Sonoma menceritakan betapa menakutkannya kebakaran tersebut. Mereka sangat bersyukur dapat lolos dari dinding api yang meletus entah dari mana pada Minggu malam dan Senin pagi. Setelah api mulai datang ke permukiman, mereka langsung menyelamatkan diri, bahkan sebelum pesan teks dan peringatan lainnya dikirim melalui sistem peringatan darurat.

Warga yang tinggal di Napa, Maureen Grinnell, juga mengaku kaget saat mengetahui api mulai membakar wilayahnya. Pasalnya, menurut wanita berusia 77 tahun itu, sistem peringatan bahaya di wilayahnya tak berbunyi saat kebakaran itu terjadi.

"Saya sedang menonton film dengan cucu perempuan saya yang berusia 19 tahun dan saya mencium bau asap. Saya terkejut ketika melihat keluar jendela, api sudah mendekat," kata Maureen Grinnell.

"Pada saat saya mulai mengemudikan mobil dari garasi, rumah sudah mulai terbakar. Saya melaju di jalan yang penuh asap, dengan api di kedua sisi," lanjutnya.

BACA JUGA: Ya Ampun! Tewaskan 15 Orang, Kebakaran California Juga Sebabkan 150 Lainnya Hilang

Pimlott mengatakan bahwa hingga Selasa, api masih membakar 17 wilayah yang diperkirakan seluas 115 ribu hektare. Angin kencang dari utara ke timur membuat pemadaman sulit dilakukan. Kebakaran ini merupakan yang terbesar dan terparah di California. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini