nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantap! Penuhi Undangan, Trump Akan Kunjungi Inggris pada Awal 2018

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017 19:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 11 18 1793548 mantap-penuhi-undangan-trump-akan-kunjungi-inggris-pada-awal-2018-Bb0a60PZrY.jpg Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (Foto: The Express Tribune)

LONDON – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, akan melakukan kunjungan kerja ke Inggris pada awal 2018. Setelah itu, ia akan melakukan kunjungan kenegaraan penuh.

Namun, tanggal pasti kedatangan orang nomor satu di Negeri Paman Sam itu belum ditentukan. Hal ini diketahui dari berita yang diwartakan surat kabar Inggris, London Evening Standard, pada Rabu (11/10/2017).

Perdana Menteri Inggris, Theresa May, menolak untuk mengomentari laporan tersebut. Sebagaimana diberitakan Reuters, Rabu (11/10/2017), ia hanya mengatakan bahwa rencana kunjungan kenegaraan tidak berubah. Undangan itu telah disampaikan dan diterima oleh Trump. Namun, pihaknya belum mengatur tanggal pasti kunjungan tersebut.

BACA JUGA: Kompak! Trump-PM Inggris Berdialog Soal Iran dan Korut

May diketahui telah mengundang Trump untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris. Undangan itu disampaikan saat ia berkunjung ke Washington pada Januari. Lawatannya ke AS dilakukan tak lama setelah Trump dilantik sebagai presiden.

Media di Inggris mengatakan bahwa para diplomat di Inggris sedang mendiskusikan rencana kunjungan kerja Trump. Berdasarkan sumber yang tidak disebutkan namanya, kedatangan Presiden AS ke Inggris kemungkinan akan menjadi bagian dari tur beberapa negara.

BACA JUGA: 100 HARI TRUMP: Dipuji May, Trump Janji Kunjungi Inggris

Pada Juni, kunjungan kenegaraan Trump dikabarkan telah ditunda tanpa batas waktu yang ditentukan. Namun, kabar tersebut dibantah pihak Gedung Putih. Mereka mengatakan bahwa rencana kunjungan kenegaraan tidak akan berubah.

Pemerintah Inggris sendiri menganggap hubungannya dengan Washington sebagai hubungan khusus. Jadi, mereka sangat menanti kunjungan pemimpin Negeri Paman Sam itu.

Sebelum mengunjungi Inggris, Trump akan melakukan tur ke Asia terlebih dahulu. Presiden ke-45 AS itu dipastikan datang ke Jepang, China, dan Korea Selatan (Korsel) pada November 2017.

BACA JUGA: Jelang Tur Asia Trump, Pejabat AS Tinjau Perbatasan Korut-Korsel

Kedatangan Trump ke negara-negara tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi undangan yang diberikan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden Korsel Moon Jae-in, dan Presiden China Xi Jinping. Selain itu, kunjungan Trump ke Asia juga bertujuan untuk memperkuat tekad dalam menghadapi ancaman Korea Utara (Korut).

Saat melangsungkan turnya, Trump disinyalir juga akan mengunjungi Zona Demiliterisasi (DMZ) atau daerah perbatasan Korsel dan Korut. Kabar ini muncul setelah pejabat AS diketahui datang ke DMZ. Ia melihat sekeliling Panmunjom dan Observation Post Ouellette yang terletak di zona penyangga seluas 4 kilometer (km) antara Korut dan Korsel. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini