nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diskusikan "Tantangan Media di Era Digital: Media Online vs Media Sosial", Pemred Okezone: Media Online Unggulkan Verifikasi

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017 16:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 11 65 1793388 diskusikan-tantangan-media-di-era-digital-media-online-vs-media-sosial-pemred-okezone-media-online-unggulkan-verifikasi-W1r0Jgcs9H.jpg Foto: Dok Okezone

JAKARTA - Media sosial kini bukan lagi menjadi ajang interaksi antar sesama pengguna. Kini, media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram dijadikan sarana sebagai pencari informasi. Sebab, di sinilah para pengguna bisa saling sharing informasi sehingga kabar bisa diperoleh masyarakat dengan cepat dan mudah.

Misalnya saja, kabar kereta anjlok di Manggarai beberapa waktu lalu yang sempat ramai di media sosial. Masyarakat, tak hanya mencari informasi mengenai kabar itu lewat media mainstream saja, tetapi juga dari media sosial. Alasannya, media sosial menampilkan informasi lebih cepat.

Dalam acara Okezone Goes to Campus yang diselenggarakan hari ini di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Okezone mengusung tema "Tantangan Media di Era Digital: Media Online vs Media Sosial".

Sejumlah narasumber yang kompeten di bidang ini hadir. Mulai dari Pemimpin Redaksi Okezone.com Muhammad Budi Santosa, Dosen Ilmu Komunikasi UAI Nanang Haroni SA, MSi dan Youtuber muda Indonesia Alif B Force atau Alif Rizky. Acara ini juga dibuka oleh Direktur News and Content Okezone, Sylviana Pravita dan Rektor UAI Prof Dr Asep Saefuddin, MSc.

Menyikapi tantangan media sosial sebagai akses mencari informasi, Pemimpin Redaksi Okezone.com, Muhammad Budi Santosa menilai jika media sosial dan media online bisa bersinergi dan saling menguntungkan.

"Fenomena media sosial ini luar biasa. Kalau saya melihatnya, bisa saling menguntungkan (media sosial untuk media online)," kata Budi dalam Redbons yang menjadi rangkaian acara Okezone Goes to Campus di UAI, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2017).

Ia mengatakan, keuntungan media sosial untuk media online yakni material atau bahan berita. "Nah, fungsi dari media online adalah mengonfirmasi apakah kabar di media sosial itu benar atau tidak benar (hoax)," imbuhnya.

Ia mengakui betapa kecepatan arus informasi di media sosial jauh lebih cepat ketimbang media mainstream online. Namun, kabar di media sosial belum tentu semuanya benar.

"Kita lihat memang dari sisi kecepatan tentu media online pun akan sangat kalah dengan media sosial. Kelebihan (media) online apa? Harus tepat, verifikasi. Kita berpegang teguh dengan kaidah-kaidah jurnalistik. Itu kelebihannya," tandasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini