nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow! Dalam Setahun, Emas Senilai Rp41 Miliar Ditemukan di Selokan Swiss

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017 23:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 12 18 1794377 wow-dalam-setahun-emas-senilai-rp41-miliar-ditemukan-di-selokan-swiss-e0juu0DbGS.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

ZURICH – Hal menarik ditemukan warga di selokan Swiss. Berbeda dengan saluran air pada umumnya yang terdapat sampah atau kotoran lainnya, selokan di Swiss menyimpan banyak emas.

Sebagaimana diberitakan Reuters, Kamis (12/10/2017), peneliti berhasil menemukan 3 ton perak dan 43 kilogram (kg) emas di selokan Swiss setiap tahun. Barang berharga tersebut menyatu dengan limbah dan lumpur.

Menurut para peneliti, emas dan perak yang berada di sistem pembuangan itu setara dengan 3 juta franc Swiss (Rp41,8 miliar).

"Anda pernah mendengar cerita tentang pria atau wanita marah yang melempar perhiasan ke toilet, sayangnya kami tidak menemukan cincinnya," kata salah satu peneliti, Bas Vriens.

BACA JUGA: Jalannya Aneh, Pria Sri Lanka Ketahuan Selundupkan 1Kg Emas di Dubur

Peneliti yakin, emas dan perak berasal dari industri pembuatan jam serta perusahaan farmasi ataupun kimia, yang menggunakan logam pada produknya. Partikel kecil dari emas dan logam itu terbuang bersama limbah lainnya.

"Tingkat emas atau perak sangat kecil, dalam ukuran mikrogram atau bahkan nanogram, tapi bila Anda mengumpulkannya, ukurannya dapat menjadi cukup besar," tuturnya.

Para peneliti saat ini sedang mempelajari lebih dalam mengenai emas dan perak tersebut. Jika perlu, mereka bisa mengekstraksi logam yang terbuang di selokan tersebut, sebelum terbakar. Namun, sejauh ini, langkah tersebut dinilai belum efektif.

Tingkat emas yang lebih tinggi ditemukan di wilayah barat Swiss, Jurassic. Logam mulia tersebut diyakini berasal dari pembuat jam. Beberapa produk jam tangan mahal biasanya dihiasi oleh emas ataupun perak.

BACA JUGA: Ratusan Uang 500 Euro Bikin Toilet Tersumbat, Jaksa Swiss Lakukan Penyelidikan

Selain Jurassic, konsentrasi emas dan perak yang lebih tinggi juga ditemukan di selatan Canton Ticino. Sebab, terdapat kilang emas di daerah tersebut. Tak seperti wilayah lainnya, menurut Vriens, keberadaan logam mulia di sana sangatlah wajar dan masuk akal.

Tak hanya emas dan perak, peneliti dari lembaga ilmu pengetahuan dan teknologi perairan (EAWAG) juga menemukan logam langka seperti gadolinium. Logam tersebut digunakan dalam dunia medis.

Penemuan ini menunjukkan bahwa barang berharga bisa ditemukan di tempat yang tidak lazim di Swiss.

Bulan lalu, sebuah penyelidikan dilakukan setelah sebuah toilet di sebuah bank dan tiga restoran di Jenewa tersumbat oleh potongan uang 500 euro atau sekira Rp7,9 juta. Uang kertas itu diketahui memiliki denominasi tinggi. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini