Tegas! UEA Memutus Hubungan Diplomatiknya dengan Korut

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 13 Oktober 2017 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 12 18 1794427 tegas-uea-memutus-hubungan-diplomatiknya-dengan-korut-fUMD3uLs4x.jpg Foto: Reuters

ABU DHABI – Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan pemutusan hubungan diplomatiknya dengan Korea Utara (Korut). Melalui pernyataan yang disampaikan kantor berita WAM, Kementerian Luar Negeri UEA mengatakan telah mengakhiri misi diplomatik Duta Besar Korut dan menarik kembali utusan yang ditempatkan di Pyongyang.

BACA JUGA: Mantap! Taiwan Putus Hubungan Dagang dengan Korut

Dengan pemutusan hubungan diplomatik itu, UEA akan berhenti mengeluarkan visa atau izin perusahaan baru bagi warga Korut. Diketahui, terdapat beberapa ribu warga Korut yang tinggal di negara teluk itu dan sebagian besar bekerja di bidang konstruksi.

"Langkah-langkah ini diambil dalam konteks kewajibannya sebagai anggota masyarakat internasional yang bertanggung jawab untuk memperkuat tekad dunia internasional  dan menghentikan proliferasi program senjata nuklir dan rudal Korut," demikian isi pernyataan yang diumumkan Kementerian Luar Negeri UEA sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (13/10/2017).

Pengumuman dari UEA ini mengikuti langkah serupa yang terlebih dahulu diambil oleh tetangganya, Kuwait dan Qatar. Meski tidak sampai memutus hubungan diplomatiknya, kedua negara tersebut menurunkan tingkat hubungannya dengan Pyongyang dan menghentikan pengeluaran visa baru bagi warga Korut.

BACA JUGA: Khawatir Disanksi, Bank-Bank China Hentikan Terima Uang dari Korut

Korut menjadi sorotan negara-negara dunia menyusul serangkaian nuklir dan rudal balistik yang meningkatkan ketegangan di kawasan Semenanjung Korea. Langkah-langkah provokatif yang diambil rezim Kim Jong-un membuat Dewan Keamanan PBB menjatuhkan sejumlah sanksi yang diharapkan dapat membuat Korut menghentikan program senjata pemusnah massalnya. Namun, sejauh ini tindakan itu tidak membuahkan hasil.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini