Image

Soal Vaksin Rubella, MUI Nyatakan Belum Pernah Keluarkan Fatwa Halal

Muhammad Iqbal, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 12:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 12 337 1793951 soal-vaksin-rubella-mui-nyatakan-belum-pernah-keluarkan-fatwa-halal-hoqi2cOpUM.jpg Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanudin Af (Foto: Iqbal)

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia menyatakan vaksin measles rubella (MR) tidak halal. Ketua Komisi Fatwa MUI Hassanudin AF menjelaskan, pihak MUI belum pernah mengeluarkan label halal pada vaksin tersebut.

"Fatwanya sudah jelas, bahwa faksin itu wajib menggunakan vaksin yang halal. Terkait dengan vaksin MR ini belum ada fatwa MUI tentang kehalalan vaksin MR sampai saat ini," ungkap dia di gedung MUI Kamis, (12/10/2017).

Dia menerangkan hingga saat ini MUI belum menerima pengakuan dari Biofarma terkait vaksin MR.

"Alasannya belum ada, belum di ajukan oleh biofarma tentang vaksin MR ini. Itu kan sudah lama sebenarnya, tapi mereka bilang masih proses. Dalam beberapa tahun MUI mendesak untuk vaksin harus jelas ada kehalalannya, dan sampai saat ini belum ada permintaan tentang pemeriksaan (vaksin) oleh MUI," ungkap dia.

Dengan demikian, dirinya membantah kabar yang berhembus bahwa MUI telah menghalalkan vaksin MR untuk imunisasi itu tidak benar. "Jadi jelas sekali. Jadi kalau dikalangan ada isu-isu darimanapun datangnya, bahwa vaksin MR itu sudah halal itu jelas suatu kebohongan. Dan ini harus diketahui oleh masyarakat luas," tandasnya.

Sekadar diketahui sebelumnya warga Kampung Kondang, Desa Kertajaya, Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut mengalami kelumpuhan setelah mendapat imunisasi vaksin MR 13 September bulan lalu.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini