Image

Polemik Transportasi Online, Jika tak Ada Solusi, Hal Ini akan Terjadi

Ahmad Sahroji, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 06:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 12 337 1794035 polemik-transportasi-online-jika-tak-ada-solusi-hal-ini-akan-terjadi-Tn3TnZcpwL.jpg Pengemudi ojek online di Tangerang nyarih dihakimi oleh pengemudi transportasi konvensional (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menyusul pro-kontra dengan hadirnya penyedia jasa transportasi berbasis aplikasi di sejumlah daerah khususnya di Jabar sendiri, Pengamat Transportasi Universitas Indonesia (UI) Alvinsyah mengimbau segenap pihak untuk menyatukan visi dan misi yakni memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Strateginya duduk secara bersama semua stakeholder di sektor ini, dengan semangat untuk memberikan layanan yangg prima kepada masyarakat," kata Alvinsyah kepada Okezone, Jumat (13/10/2017).

Jika tak segera dibenahi, lanjutnya, polemik transportasi online dan konvensional ini akan bergeser ke aspek sosial dan ekonomi.

"Prinsipnya kita semua, baik regulator, operator, user memiliki masalah untuk sektor layanan angkutan umum. Semua pihak harus mau belajar, introspeksi diri dan berniat untuk memperbaiki situasi," ungkapnya.

Dan, terlepas dari polemik terkait pelarangan transportasi berbasis aplikasi di Jabar, Alvinsyah meminta kepada penyedia jasa transportasi, baik online maupun konvensional untuk meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, serta kenyamanan.

"Revisi regulasi eksisting untuk mengantisipasi kemajuan teknologi dan perubahan paradigma usaha. Terapkan perlakuan yang setara kepada semua operator layanan angkutan umum, dan terapkan prinsip-prinsip layanan angkutan umum yang sesuai dengan filosofi dasarnya," ujarnya.(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini