Image

OKEZONE FILES: Baca Doa Ini Setelah Berwudu, Akan Dibukakan 8 Pintu Surga & Namanya Kuat Tertulis hingga Kiamat

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 07:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 12 337 1794347 okezone-files-baca-doa-ini-setelah-berwudu-akan-dibukakan-8-pintu-surga-namanya-kuat-tertulis-hingga-kiamat-jYxv3z8Kg0.jpg Ilustrasi berwudu. (Foto: Ist)

WUDU menjadi rukun yang tidak bisa ditinggalkan ketika hendak beribadah salat. Melalui amalan ini kesucian dan kesempurnaan salat bisa terjaga. Wudu sendiri sejatinya berasal dari kata Al Wadha’ah yang bermakna 'kebersihan dan kecerahan'. Sedangkan menurut istilah, wudu berarti menggunakan air untuk anggota tubuh tertentu yakni wajah, dua tangan, kepala, dan dua kaki untuk menghilangkan hal-hal yang dapat menghalangi seseorang melaksanakan salat atau ibadah lain.

Kemudian setelah berwudu, ada doa-doa yang mesti dibaca. Keutamaan dari doa tersebut pun sangat besar. Bahkan, Allah Subhanahu wa ta’ala menjanjikan kemuliaan surga bagi pembacanya. Berikut ini penjelasan singkatnya, sebagaimana Okezone rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/10/2017).

(Baca: OKEZONE FILES: Tidak Boleh Memeluk Lutut ketika Menyimak Khutbah Jumat, Simak Kisahnya)

Dari Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُسْبِغُ الْوَضُوءَ ثُمَّ يَقُولُ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

"Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudu dan menyempurnakan wudunya kemudian mengucapkan, 'Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu’ (Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah) kecuali Allah akan bukakan untuknya delapan pintu langit yang bisa dia masuki dari pintu mana saja." (HR Muslim)

Di dalam hadis riwayat At-Tirmidzi ada tambahan doa:

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ المُتَطَهِّرِينَ

"Allahummaj ‘alni minat tawwabiina waj’alnii minal mutathohhiriin (Ya Allah jadikanlah aku termasuk hamba-hambaMu yang rajin bertaubat dan menyucikan diri)."

(Baca: OKEZONE FILES: Masya Allah! Cermati Amalan Utama di Hari Jumat, Kebaikannya Sangat Besar)

Doa lain yang diajarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah berwudu, seperti diriwayatkan dari Abu Sa’id al Khudhri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

من تَوَضَّأ فَقَالَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِك أشهد أَن لَا إِلَه إِلَّا أَنْت استغفرك وَأَتُوب إِلَيْك كتب فِي رق ثمَّ طبع بِطَابع فَلم يكسر إِلَى يَوْم الْقِيَامَة

"Barang siapa berwudu kemudian setelah berwudu mengucapkan doa, 'Subhaanaka allahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika' (Maha suci Engkau ya Allah, segala puji untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu) maka akan ditulis di lembaran berwarna putih kemudian distempel dan tidak akan hancur sampai hari kiamat."

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini