Image

Duh! Ketum MUI Sebut Masih Ada Kelompok yang Menentang Pancasila

Badriyanto, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 23:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 12 337 1794419 duh-ketum-mui-sebut-masih-ada-kelompok-yang-menentang-pancasila-93a0E1m9R8.jpg KH Ma'ruf Amin dalam acara halaqah kebangsaan MUI (Foto: Badri/Okezone)

JAKARTA - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin mengatakan, Indonesia merupakan negara yang dibentuk berdasarkan kesepakatan antara tokoh-tokoh yang mewakil golongannya masing-masing, baik itu perwakilan umat beragama maupun asal daerah.

Dengan demikian, sebagai tanda syukur dan terima kasih kepada para pendiri bangsa seyogyanya ormas Islam merawat kesepakatan tersebut. Adapun caranya dengan menjaga Pancasila sebagai ideologi Indonesia.

"Sebagai sebuah bangsa kita bersyukur sudah menyelesaikan semua ini, kalau tidak maka tidak akan ada NKRI itu, karena itu kita harus menjaga, merawat kesepakatan ini secata politis," ucap Ma'ruf di Jakarta Barat, Kamis (12/10/2017).

Ma'ruf mengatakan, saat ini masih ada ormas yang secara terang-terangan menentang dan bahkan mau mengganti Pancasila dengan alasan tidak sesuai dengan syariat Islam. Padahal mereka juga mengetahui perihal sejarah berdirinya bangsa ini.

"Tapi meskipun sudah final, masih saja ada kelompok-kelompok yang tidak merawat kesepekatan, ada kelompok intoleran, sesama agama sendiri saja sudah tidak mentolelir, yang tidak sepaham bahkan menganggap sesat, kafir," ujarnya.

Ma'ruf menerangkan, Indonesia sedang menghadapi tantangan yang cukup serius karena yang diserang adalah ideologinya. Orang yang menganggap agama dan negara tidak seirama berarti ada yang salah dengan pola pikirnya sehingga harus segera diluruskan.

"Apabila terjadi konflik berarti ada mispersepsi, ada pandangan keliru dalam penafsiran. Oleh karena itu ketika ini terjadi harus ada penyelesaian-penyelesaian harmonisasi kenegaraan dan keislaman. Islam juga tidak boleh bertentangan dengan kemanusiaan," ujarnya. 

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini