Image

Unik! Pemerintah Hokkaido Bikin Manga untuk Simulasi Perlindungan dari Nuklir Korut

Putri Ainur Islam, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 16:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 13 18 1794779 unik-pemerintah-hokkaido-bikin-manga-untuk-simulasi-perlindungan-dari-nuklir-korut-sIBVzyO015.jpg Manga untuk memberikan instruksi cara berlindung dari nuklir Korut. (Foto: Japan Times)

HOKKAIDO - Pulau Hokkaido memiliki cara unik untuk mengedukasi warganya dari ancaman nuklir Korea Utara (Korut). Mereka menggunakan manga untuk menginstruksikan penduduk bagaimana menanggapi peluncuran rudal Korut.

Hal tersebut dilakukan karena Pulau Hokkaido berada di bawah jalur penerbangan rudal Korut dalam beberapa bulan terakhir dan pihak kota telah mengatur latihan evakuasi untuk menghadapi ancaman serupa di masa depan.

"Kami telah menerima pertanyaan tentang bagaimana bereaksi dalam situasi tertentu. Kami pikir akan sangat membantu untuk memberikan panduan dalam format yang mudah dimengerti," kata pejabat pemerintah Prefektur Hokkaido, dikutip dari Japan Times, Jumat (13/10/2017).

BACA JUGA: Astaga! Korut Kembali Tembakkan Rudal Ke Arah Jepang

Komik berukuran empat halaman dengan ukuran A4 yang ditulis oleh seniman manga Manabu Yamamoto, yang tinggal di Hokkaido, menggambarkan beberapa skenario yang mungkin dihadapi orang saat sistem peringatan rudal pemerintah, yang dikenal dengan J-Alert, berbunyi dan memperingatkan jika nuklir telah mendekat.

Di sebuah sekolah, manga tersebut menggambarkan seorang guru yang menyuruh murid-muridnya menjauh dari jendela dan bersembunyi di bawah meja kerja. Di sebuah taman, manga tersebut menunjukkan wanita yang lari berlindung di toilet umum, sementara seorang petani terlihat menjaga jarak aman dari traktornya dan berbaring di tanah lapang.

BACA JUGA: Antisipasi Korut, Pesawat Tempur Jepang-AS Mengudara di Laut China Timur

Gambar manga tersebut juga menginstruksikan bagaimana bereaksi ketika nuklir diluncurkan saat mereka sedang naik kapal di laut, saat di rumah, bahkan saat mengendarai mobil.

Manga manual yang dapat dilihat di situs web Pemerintah Hokkaido, akan didistribusikan dalam format digital ke sekolah dan kota di dalam prefektur.

"Kami percaya ini adalah kasus pertama di Jepang untuk sebuah prefektur untuk mengeluarkan instruksi evakuasi rudal dalam bentuk manga," kata pejabat pemerintah tersebut.

Sekadar diketahui pada 29 Agustus, Pemerintah Korea Selatan (Korsel) dan Jepang menyebut bahwa Korut kembali menembakkan rudal ke arah wilayah Negeri Sakura. Rudal tersebut terpecah menjadi 3 bagian dan jatuh di wilayah perairan di Hokkaido.

Akibat peluncuran rudal tersebut, sistem peringatan J-Alert milik Jepang berbunyi dan menandakan sinyal bahaya agar masyarakat berhati-hati. Rudal tersebut terbelah menjadi 3 bagian setelah ditembak oleh Militer Jepang.

Rudal diketahui ditembakkan sekira pukul 06.06 pagi waktu Jepang. Sementara itu, Militer Korsel menyatakan, rudal ditembakkan dari wilayah Sunan di dekat ibukota Korea Utara Pyongyang tepat sebelum pukul 6 pagi.

(pai)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini