Image

Dukung Densus Tipikor, KPK Hanya Akan Tangani Kasus Korupsi Besar

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 13:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 337 1794647 dukung-densus-tipikor-kpk-hanya-akan-tangani-kasus-korupsi-besar-FGBOxdzIzV.jpg Laode M Syarief/berbaju batik (foto: Arie Dwi S/Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M. Syarief mengatakan, pihaknya akan mendukung pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polri.

Nantinya, kata Syarief, sesuai Undang-Undang Tipikor, KPK hanya dapat menangani kasus-kasus korupsi yang notabennya berskala besar atau melibatkan penyelenggara negara serta nilai korupsinya di atas Rp1 miliar.

"Ya karena memang sekarang kan dengan Undang-Undang itu KPK harus ada syaratnya, satu melibatkan penyelenggara negara, kedua harus di atas Rp1 miliar," kata Syarief di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2017).

Sehingga, sambung Syarief, apabila Densus Tipikor sudah terbentuk maka kasus-kasus korupsi yang berskala kecil akan diserahkan ke lembaga bentukan Korps Bhayangkara tersebut.

"Kalau yang kecil-kecil, itu biasanya kami serahkan ke Polri dan mudah-mudahan dengan Densus ini yang masif dan kecil-kecil itu bisa tertangani dengan baik," ujarnya.

Terkait dukungan terhadap Densus Tipikor, Syarief menjelaskan, pihaknya juga sudah berkoordinasi banyak dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Hal itu untuk memudahkan koordinasi ke depan soal penanganan kewenangan kasus korupsi.

"Soal Densus kami sudah banyak bicara dengan Kapolri, KPK mendukung soal Densus Tipikor tersebut," pungkasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini