Image

Ikut Pemilu dengan Percaya Diri, PKS Pandang Positif Penerapan Sipol

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 19:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 13 337 1795044 ikuti-pemilu-dengan-percaya-diri-pks-pandang-positif-penerapan-sipol-icCeeWV7cF.jpg Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (Foto: Okezone)

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak mempermasalahkan aturan sistem informasi partai politik (sipol) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sipol dianggap sebagai instrumen untuk meningkatkan kualitas Pemilu 2019.

"Itu sudah keputusan KPU. Kami siap mengikuti sipol dan didaftarkan oleh PKS. Kita ikuti pemilu dengan percaya diri," kata Wakil Ketua Majelis Syuro DPP PKS, Hidayat Nur Wahid, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Hidayat mengakui persoalan sipol tengah diperdebatkan oleh beberapa partai politik. Tetapi, ia memastikan fraksi-fraksi yang ada di DPR tak mempersoalkan penerapan sipol tersebut. Sehingga, aturan teknis yang diterbitkan KPU itu sudah selayaknya dijalankan dengan baik.

"Tidak ada partai di DPR yang mempermasalahkan. Bahkan, partai baru juga ikut (input data di sipol). Sudahlah (tidak usah diperdebatkan) itu kita ikuti sebagai bagian ingin memastikan Pemilu 2019 tak kalah kualitasnya dengan Pemilu 2014," tutur Wakil Ketua MPR itu.

Aturan sipol sedianya tercantum dalam Peraturan KPU RI Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2019. Aturan tersebut menyebutkan partai politik wajib mengisi data dalam sipol sebagai syarat pendaftaran.

Setelah mengunggah ke sipol, data dicetak untuk diserahkan ke KPU sebagai proses pendaftaran resmi. Lalu, KPU akan memverifikasi data yang masuk untuk menetapkan partai politik yang dinyatakan layak ikut Pemilu 2019.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini