Image

Bawaslu Gandeng AJI, PWI dan IJTI untuk Mengawasi Pilkada Serentak 2018

Adi Rianghepat, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 10:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 13 340 1794575 bawaslu-gandeng-aji-pwi-dan-ijti-untuk-mengawasi-pilkada-serentak-2018-tx71UbVb5W.jpg Sosialisasi Pilkada di KPUD Kediri, Jawa Timur (Antara)

KUPANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggandeng organisasi wartawan di daerah ini untuk bersama-sama mengawal proses pelaksanaan pemilu gubernur dan kepala daerah lainnya pada 2018. Mereka juga diajak ikut mengawal proses tahapan Pemilu Serentak 2019.

Komisioner Bawaslu NTT Jemris Fointuna mengatakan, organisasi pers seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi (IJT) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) yang ada di daerah ini akan menjadi pengawal tahapan dan pelaksanaan pilgub dan pemilu lainnya dan bahkan ditempatkan pada garda terdepan.

Secara kelembagaan Bawaslu sendiri tidak bisa melakukan pengawasan secara optimal karena sejumlah keterbatasan. Karena itu dibutuhkan pelibatan pihak lain yaitu media massa dalam rombongan organisasi jurnalis yang ada itu. "Kita bisa melakukan pengawasan secara bersama," katanya kepada Okezone di Kupang, Jumat (13/10/2017).

Bekas jurnalis sebuah media cetak terbitan Jakarta itu mengatakan dengan pelaksanaan pengawasan yang baik dan ketat akan menghasilka pelaksanaan pemilu yang berkuitas dengan hasil pemimpin yang juga berkualitas dengan memperjuangkan kepentingan rakyat sebagai program.kerjanya.

Pengawasan, kata dia, tentu harus dimulai dari awal tahapan hingga hasil pemilu. "Kalau prosesnya berjalan baik, maka hasilnya juga pasti baik dan itu menjadi harapan seluruh rakyat di daerah ini," katanya.

Peran serta masyarakat lanjut bekas Ketua AJI Kupang itu penting dilakukan secara masif dan terbuka untuk membantu mengawasi setiap tahapan pelaksanaan pemilu di daerah ini.

Pada pelaksanaan pemilu kepala daerah serentak 2018 mendatang, Provinsi NTT menyertakan satu pemilihan gubernur dan wakil gubernur dan 10 pemilihan kepala daerah.

Ke 10 daerah yang akan menggelar pemilihan kepala daerah itu masing-masing Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao. Selanjutnya Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Sumba Tengah, Manggarai Timur, Nagekeo, Ende, Sikka dan Kabupaten Alor.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini