Image

Siap Tempur di Pilgub, Ini Rencana Esthon-Chris untuk Majukan Nusa Tenggara Timur

Adi Rianghepat, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 11:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 13 340 1794584 siap-tempur-di-pilgub-ini-rencana-esthon-chris-untuk-majukan-nusa-tenggara-timur-6JozwqEICm.jpg Pasangan Esthon-Rotok (Foto: Adi Rianghepat/Okezone)

KUPANG - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Timur Esthon Foenay-Chris Rotok berjanji mengintegrasikan potensi yang ada di desa dalam satu kesatuan pembangunan berbasis provinsi.

"Seluruh potensi yang ada di desa akan kita satukan dan diprioritaskan. Pembangunan akan dimulai dari desa," kata Calon Gubernur NTT Esthon Foenay kepada Okezone menjawab strategi pembangunan lima tahun ke depan dengan menggerakan potensi di desa.

Dia mengatakan, masyarakat yang bermukim di desa sebenarnya memiliki potensi yang menjadi sentra pengembangan kesejahteraan masyarakatnya. Misalnya potensi pertanian dan perikanan serta pariwisata.

Potensi-potensi itulah yang harus diintegrasikan dalam satu grand design pembangunan daerah secara umum. "Jadi dimulai dari dan untuk kepentingan masyarakat desa," kata Esthon di Kupang, Jumat (13/10/2017).

Wakil Gubernur NTT Periode 2008-2013 itu mengungkapkan, 65 persen penduduk NTT yang berjumlah sekitar 5,6 juta, bekerja sebagai perani. Oleh karena itu, sektor peetanian akan menjadi prioritas pembangunan. "Dan itu akan kita mulai dari desa dan kelurahan yang ada," katanya.

Pertanian tentu akan menjadi leading sector pembangunan di samping sejumlah sektor lain yang juga dimiliki provinsi selaksa nusa itu. Di samping itu, sektor pariwisata juga memiliki magnet bagi pembangunan ekonomi kemasyarakatan di daerah ini.

Sektor pariwisata ini, lanjut bekas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi NTT itu, akan menjadi lokomotif pembangunan mengingat potensi ini hampir pasti berada di seluruh wilayah dengan daya tarik yang sangat kuat bagi pengembangannya.

"Semua sektor itu akan kita padukan dan integrasikan secara berjenjang dari desa dan atau kelurahan hingga ke level provinsi," katanya.

Pasangan balon gubernur Esthon-Chris adalah satu-satunya pasangan sudah menyatakan diri maju memperjuangkan kepentingan rakyat NTT melalui deklarasi pasangan. Pasangan ini diusung Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN). Sementara Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menjadi partai pengusung di pasangan bekas birokrat itu.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini