Image

Sah! Presiden Jokowi Resmikan Tol Binjai-Medan-Tebingtinggi

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 20:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 13 340 1795071 sah-presiden-jokowi-resmikan-tol-binjai-medan-tebingtinggi-sPbRRArIbY.jpg Presiden Joko Widodo saat meresmikan jalan tol medan (foto: Wahyudi/Okezone)

MEDAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mengoperasikan tol Binjai-Medan-Tebingtinggi, ruas Sei Rampah-Kualanamu dan ruas Megawati-Helvetia.

Peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti, peninjauan lokasi dan uji coba langsung jalan tol oleh Jokowi dari lokasi peresmian di gerbang tol Kualanamu sampai pintu tol keluar di Paruh Kemiri, Lubuk Pakam pada Jumat (13/10/2017).

Jokowi didampingi Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

 

Hadir pula Gubernur Sumatera Utara, Erry Nuradi, Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri, serta unsur Forkompimda Sumut.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, pembangunan ruas jalan tol ini guna meningkatkan konektivitas untuk memperlancar distribusi dan menurunkan biaya logistik barang dan jasa sehingga diharapkan dapat menumbuhkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumut.

"Saya harap dengan dibukanya jalan tol ini, biaya pendistribusian barang akan semakin berkurang sehingga harga kebutuhan pokok lebih murah dan rakyat semakin sejahtera. Ini bukan hanya kepentingan satu atau dua orang, tapi untuk kepentingan rakyat. Dengan mengucapkan Basmallah, saya resmikan jalan tol Medan-Tebing Tinggi ruas Kualanamu menuju Sei Rampah dan jalan Tol Medan-Binjai ruas Medan Helvetia menuju Megawati Binjai," kata Jokowi.

Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi menyebutkan, melalui pembangunan jalan tol ini diharapkan dapat memajukan perekonomian warga Sumut. Pembangunan jalan tol ini juga berkat dukungan dari semua pihak.

"Pemerintah akan tetap terus berkomitmen melalui pendekatan kewilayahan kawasan industri sehingga dapat menumbuhkan perekonomian dan memajukan kesejahteraan warga Sumut. Saya ucapkan terimakasih atas kesediaan bapak Presiden untuk hadir meresmikan jalan tol disumut ini," sebut Erry.

Untuk diketahui Tol Medan-Binjai dirancang sepanjang 25,44 kilometer yang terdiri dari tiga seksi. Seksi 1 Tanjung Mulia–Helvetia sepanjang 6,07 kilometer. Seksi 2 Helvetia-Sei Semayang sepanjang 9,05 kilometer dan seksi 3, Semayang-Binjai sepanjang 10,31 kilometer. Sejauh ini hanya seksi satu yang belum selesai dikerjakan karena terkendala pembebasan lahan.

Sementara Tol Medan-Tebingtinggi memiliki panjang 61,65 dan kilometer dengan terbagi menjadi 2 seksi, yaitu Seksi 1 Medan-Perbarakan-Kualanamu sepanjang 17,80 km dan Seksi 2 Perbarakan-Tebing Tinggi sepanjang 44 km. Sejauh ini dari 61,65 km yang akan disiapkan, baru 41,58 yang dioperasionalkan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini