Image

Resmikan Dua Jalan Tol di Sumut, Jokowi Yakin Akan Tingkatkan Perekonomian dan Pariwisata

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Sabtu 14 Oktober 2017, 01:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 14 337 1795213 resmikan-dua-jalan-tol-di-sumut-jokowi-yakin-akan-tingkatkan-perekonomian-dan-pariwisata-jZQXLkPyVS.jpg Jokowi dengarkan penjelasan teknis tol Sumut (Foto:BPMI)

JAKARTA - ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meresmikan sejumlah proyek infrastruktur yang ada di Provinsi Sumatra Utara. Kali ini, Kepala Negara meresmikan jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) seksi II-VI ruas Parbarakan-Sei Rampah sepanjang 41,7 kilometer.

Selain itu, Presiden Jokowi juga turut meresmikan jalan Tol Medan-Binjai sepanjang 10,46 kilometer pada Jumat (13/10/2017).

Dengan adanya pembangunan dua jalan tol di Sumut itu, Presiden Jokowi berharap perekonomian dan jumlah wisatawan yang datang ke kawasan pariwisata Danau Toba dan sekitarnya dapat terus meningkat. Apalagi, jalan tol tersebut akan memangkas jarak tempuh dari Medan ke Toba hingga tiga jam.

"Sehingga yang namanya mobilitas orang, mobilitas barang sangat cepat sekali. Kalau ada mobilitas barang yang cepat, transportasi lebih murah," ujar Jokowi dari keterangan resmi Biro Pers Media Istana Kepresidenan.

Adanya jalan bebas hambatan itu juga diyakin akan berdampak pada penurunan harga barang yang dihasilkan lantaran telah memangkas jarak pengiriman barang tersebut. Presiden Jokowi berharap, akan meningkatkan peringkat Indonesia untuk bersaing dengan negara lain.

"Kalau diturunkan seperti negara-negara lain global competitiveness kita bisa lebih baik dari 41 jadi 36, sudah mulai membaik," ungkapnya.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menyatakan komitmen pemerintah dan jajarannya akan terus berupaya melanjutkan pembangunan jalan tol tersebut. Adapun pemerintah menargetkan pertengahan tahun 2018 mendatang, jalan tol Kualanamu akan tersambung hingga Tebing Tinggi.

"Ini dicatat yang janji menteri bukan saya. Pertengahan 2018 sudah tersambung 42 kilometer dan 14 kilometer sudah tersambung sampai ke Tebing Tinggi," ucap Presiden.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini