nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menlu AS: Diplomasi dengan Korut Akan Terus Berjalan Sampai Bom Pertama Dijatuhkan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 16 Oktober 2017 10:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 16 18 1796083 menlu-as-negosiasi-dengan-korut-akan-terus-berjalan-sampai-bom-pertama-dijatuhkan-yLi8eGccXH.jpg Menlu AS, Rex Tillerson. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa Presiden Donald Trump telah memberikan instruksi untuk terus melakukan upaya diplomatik untuk menenangkan ketegangan dengan Korea Utara (Korut).

BACA JUGA:  Wuih! AS Yakin Bisa Tangani Ancaman Nuklir Korut, Asal...

Berbicara pada acara “State of the Union” di stasiun televisi CNN, Tillerson mengatakan, pesan-pesan bernada permusuhan yang sebelumnya disampaikan Trump kepada Korut tidak perlu dianggap serius. Sebelumnya, Trump menyebut Pemimpin Korut, Kim Jong-un dengan julukan “Manusia Roket” dan mengatakan bahwa upaya negosiasi dengan Korut hanya buang-buang waktu.

“Trump telah menyampaikan secara jelas kepada saya untuk meneruskan upaya diplomatik saya,” kata Tillerson sebagaimana dikutip Reuters, Senin (16/10/2017). Tillerson menegaskan bahwa upaya diplomasi akan terus dilakukan sampai bom pertama dijatuhkan.

Komentar yang disampaikan Tillerson pada Minggu, 15 Oktober itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan Korut menyusul serangkaian uji coba rudal oleh Pyongyang dan perang retorika antara kedua pemimpin negara tersebut. Korut telah melakukan uji coba nuklir pada September lalu dan meluncurkan dua rudal balistik yang melintasi wilayah Jepang dalam beberapa pekan terakhir.

BACA JUGA: Setelah Adiknya, Kini Kim Jong-un Promosikan Mantan Kekasih untuk Duduki Posisi Penting di Pemerintahan

Tillerson juga mengatakan bahwa hubungan antara China dan AS terkait isu Korut tetap dekat dan sama sekali tidak berubah. Menurut Tillerson, Beijing mengetahui dengan jelas posisi Washington dalam menangani isu dengan Pyongyang.

"Yakinlah bahwa China sama sekali tidak kebingungan tentang kebijakan AS terhadap Korut,” pungkasnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini